Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Multi Bintang (MLBI) Targetkan 100 Persen Penggunaan Energi Terbarukan

Produsen Bir Bintang tersebut memiliki target untuk mencapai 100 persen penggunaan energi terbarukan pada tahun 2025 sebagai upaya mengurangi jejak karbon.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 18 Oktober 2020  |  10:47 WIB
Laporan berkelanjutan PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI). Istimewa
Laporan berkelanjutan PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen minuman beralkohol PT Multi Bintang Indonesia Tbk. mengumumkan langkah-langkah dan perkembangan dalam upaya menjadi perusahaan terdepan dalam aspek keberlanjutan di Indonesia melalui peluncuran Sustainability Report 2019.

Emiten berkode saham MLBI tersebut menyatakan bahwa saat ini setengah dari energi yang digunakan di fasilitas produksi perseroan berasal dari sumber energi terbarukan.

Produsen Bir Bintang tersebut memiliki target untuk mencapai 100 persen penggunaan energi terbarukan pada tahun 2025 sebagai upaya mengurangi jejak karbon.

Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia Ika Noviera mengatakan perusahaan berkomitmen untuk selalu menyajikan produk dengan kualitas terbaik bagi para konsumen, dengan senantiasa menempatkan bumi ini dan manusia yang ada di dalamnya sebagai pusat dari perusahaan kami.

“Oleh karena itu, kami menetapkan target yang ambisius untuk perusahaan ini dalam perjalanan keberlanjutan kami dan selalu berusaha untuk membuat dampak yang berarti,” ujar Ika dikutip dari siaran pers Multi Bintang, Jumat (16/10/2020).

Mengangkat tema "Brewing a Limitless Tomorrow", Sustainability Report 2019 menggambarkan berbagai progres dan pencapaian Multi Bintang terkait area fokus penting yang mendukung upaya perusahaan untuk mengembangkan rantai nilai berkelanjutan secara menyeluruh.

Beberapa upaya perseroan dalam hal pengurangan emisi karbon diantaranya percepatan menggunakan 100 persen energi terbarukan dalam proses produksi, pencapaian 97,34 persen kemasan yang dikembalikan dan digunakan kembali, serta 98 persen byproducts yang didaur ulang.

Perlindungan sumber daya air yang dilakukan perseroan diantaranya melalui program Pengelolaan Restorasi Terpadu Berbasis DAS bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara.

Melalui upaya reboisasi, perseroan mengklaim telah mengembalikan 35 juta liter air ke alam setiap tahunnya, atau setara dengan konsumsi air 350.000 orang per hari.

Berikutnya, perseroan meluncurkan program tiga tahun untuk pemulihan sumber daya air yang bernama “River2River Journey”, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penurunan kualitas sumber daya air akibat limbah rumah tangga.

MLBI juga meluncurkan program “Sungai Watch” di Bali bekerja sama dengan Make a Change World, untuk memperkenalkan budaya pengelolaan limbah bertanggung jawab di kawasan pariwisata dengan tujuan mencegah limbah mencemari sungai-sungai dan lautan.

Hal ini juga diikuti dengan penambahan jumlah bank sampah dari 238 unit pada 2018 menjadi 273 unit per Desember 2019, yang tersebar di 18 wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan Kota Tangerang, Banten.

“Kami melibatkan para pelanggan, seperti bar dan restoran, untuk mendukung konsumsi yang bertanggung jawab dengan memberikan pelatihan kepada outlet mitra dan para karyawan mereka,” sambung Ika.

Secara bersamaan, MLBI juga menawarkan lebih banyak pilihan minuman bebas alkohol kepada para konsumen.

MLBI juga mendapat kehormatan untuk menerima Sustainable Business Awards 2019, dengan kategori Special Recognition on Workforce. Penghargaan tersebut merupakan simbol pengakuan atas kontribusi Multi Bintang dalam mendukung budaya inklusif dan keragaman dalam perusahaan.

“Bersama dengan masyarakat sekitar, pemerintah, maupun masyarakat secara luas, kita semua dapat membantu membangun Indonesia yang lebih cerah dan lebih hijau,” terang Ika,

Sustainability Report 2019 dan informasi lebih lanjut tentang kebijakan perusahaan, perkembangan, dan berita lainnya tersedia di situs resmi Multi Bintang www.multibintang.co.id/id/sustainability.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan multi bintang
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top