Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ambil Alih Bisnis Klinik Lab, Kalbe Farma (KLBF) Rogoh Kocek Rp19 Miliar

Kalbe Farma (KLBF) membeli saham PT Innolab Sains International dari anak usahanya sendiri senilai Rp19 miliar. Akuisisi dilakukan agar perseroan bisa memantau dan mengendalikan secara langsung rencana pengembangan usaha Innolab
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  16:20 WIB
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dalam rapat umum pemegang saham 2019 di Jakarta, Senin (18/5/2020).  - Kalbe
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius dalam rapat umum pemegang saham 2019 di Jakarta, Senin (18/5/2020). - Kalbe

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) mengambil alih lini usaha klinik laboratorium dari anak usahanya. Kalbe Farma merogoh kocek Rp19 miliar untuk membeli saham PT Innolab Sains Internasional (ISI) dari anak usahanya PT Kalbio Global Medika  (KGM). 

Manajemen Kalbe Farma menyebut, Perjanjian Jual Beli Saham diteken pada 12 Oktober 2020 antara KGM selaku penjual dan perseroan selaku pembeli. Jumlah saham yang diambil alih mencapai 60 persen.

"Melalui perolehan kendali atas ISI, manajemen perseroan dinilai dapat terus memantau progress dan secara cepat melakukan koordinasi serta secara tepat untuk mengambil langkah-langkah strategis dari setiap rencana pengembangan usaha ke depan," tulis manajemen Kalbe Farma lewat keterangan resmi, Selasa (13/10/2020)

Dengan aksi korporasi tersebut, KLBF menjadi pemegang saham kendali ISI. Selain KLBF, pemegang saham ISI adalah Health Science Research Institute Incorporation (HSRI) dan Toyota Tsusho Corporation (TTC) masing-masing 6.334 unit saham senilai Rp6,33 miliar yang setara dengan kepemilikan 20 persen saham. 

Dikutip dari laman resmi perseroan, ISI merupakan perusahaan joint venture antara HSRI dan TTC yang menyediakan jasa pemeriksaan Laboratorium Klinik Kalgen Innolab.

Laboratorium klinik tersebut diketahui mengadopsi sistem yang telah dimiliki HSRI dan TTC sehingga memiliki portofolio pemeriksaan yang luas dengan sistem yang terintegrasi serta teknologi pemeriksaan yang kompleks seperti sitogenetik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten kalbe farma
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top