Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reksa Dana Pasar Uang Terus Positif, Intip Produk Paling Cuan Berikut Ini

Reksa dana pasar uang yang digambarkan dalam Infovesta 90 Money Market Fund Index membukukan imbal hasil paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya yakni 0,40 persen secara bulanan.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Reksa dana pasar uang terus konsisten membukukan kinerja positif sepanjang September 2020. Adapun secara kuartalan dan sepanjang tahun berjalan reksa dana berbasis kelas aset pasar uang ini selalu jadi andalan.

Berdasarkan data Infovesta Utama per 30 September 2020, reksa dana pasar uang yang digambarkan dalam Infovesta 90 Money Market Fund Index membukukan imbal hasil paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya yakni 0,40 persen secara bulanan.

Mengekor di belakangnya ada reksa dana pendapatan tetap dengan imbal hasil 0,04 persen. Sementara reksa dana saham dan reksa dana campuran kompak mencetak imbal hasil negatif, masing-masing -7,03 persen dan -1,16 persen.

Kinerja reksa dana pasar uang memang tercatat konsisten tiap bulannya. Sebagai gambaran, pada akhir Agustus return bulanan reksa dana pasar uang sebesar 0,39 persen dan pada akhir Juli tercatat 0,40 persen.

Sementara secara kuartalan, di akhir periode Juli-September 2020 reksa dana pasar uang membukukan imbal hasil 1,14 persen. Pun, secara year to date, kinerja indeks reksa dana pasar uang tercatat ada di kisaran 3,60 persen.

Masih mengacu pada data Infovesta Utama, dua produk dari PT Succorinvest Asset Management menduduki posisi teratas produk reksa dana pasar uang dengan kinerja tertinggi sepanjang tahun berjalan.

Keduanya adalah reksa dana Sucorinvest Sharia Money Market Fund yang mencetak kinerja 5,10 persen year to date dan Sucorinvest Money Market Fund dengan imbal hasil 5,06 persen pada periode yang sama.

Berdasarkan fund fact sheet produk per Agustus 2020, Sucorinvest Sharia Money Market Fund memiliki alokasi aset terbesar pada Sukuk Adira Dinamika Multi Finance Tbk., Sukuk Aneka Gas Industri Tbk., Sukuk Sarana Multi Infrastruktur (Persero), tabungan deposito Bank BJB Syariah, serta tabungan deposito Bank DKI Syariah. 

Sementara Sucorinvest Money Market Fund melengekapi portofolionya dengan Obligasi Indah Kiat Pulp and Paper Tbk., Obligasi Indonesia Exim Bank, Obligasi Pupuk Indonesia (persero), tabungan deposito Bank BJB Syariah, serta tabungan deposito Bank DKI Syariah. 

Adapun di posisi selanjutnya berturut-turut ada Mega Dana Kas dengan imbal hasil 5,01 persen, Syailendra Providentia Money Market Fund dengan imbal hasil 4,76 persen, dan Danamas Rupiah dengan imbal hasil 4,75 persen. 

Berikut daftar top 10 reksa dana pasar uang secara Ytd. 

 

Daftar Reksa Dana Pasar Uang
NoReksa Dana

Kinerja YTD

30 September 2020 (%)

1

Sucorinvest Sharia Money Market Fund

5,10

2

Sucorinvest Money Market Fund

5,06

3

Mega Dana Kas

5,01

4

Syailendra Providentia Money Market Fund

4,76

5

Danamas Rupiah

4,75

6

Insight Money

4,73

7

KISI Money Market Fund

4,73

8

Capital Money Market Fund

4,72

9

PNM DANA TUNAI

4,69

10

Syailendra Dana Kas

4,56

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper