Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Sari Roti (ROTI) Jual Saham Tresuri Rp459,4 Miliar

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. (ROTI) mengungkapkan akan menjual seluruh saham treasurinya sebesar 375.033.700 unit saham yang sempat dibeli secara bertahap pada 20 Juli 2018 dan 11 Juni 2020 lalu.
Presdir PT Nippon Indosari Corpindo Tbk Wendy Yap (tengah) berbincang dengan Direktur Indrayana (dari kiri), dan Presiden Komisaris Benny Setiawan Santoso, disaksikan Komisaris Jaka Prasetya, dan Direktur Arlina Sofia, selepas RUPSLB,  di Jakarta, Rabu (17/1)./JIBI-Endang Muchtar
Presdir PT Nippon Indosari Corpindo Tbk Wendy Yap (tengah) berbincang dengan Direktur Indrayana (dari kiri), dan Presiden Komisaris Benny Setiawan Santoso, disaksikan Komisaris Jaka Prasetya, dan Direktur Arlina Sofia, selepas RUPSLB, di Jakarta, Rabu (17/1)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten konsumer PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. (ROTI) mengumumkan telah melakukan penjualan saham treasuri kepada Lief Holdings Pte. Ltd.

Berdasarkan keterangan perseroan di laman keterbukaan informasi, Senin (5/10/2020), produsen Sari Roti tersebut mengungkapkan akan menjual seluruh saham treasurinya sebesar 375.033.700 unit saham yang sempat dibeli secara bertahap pada 20 Juli 2018 dan 11 Juni 2020 lalu.

Pada saat itu, harga rata-rata saham tresuri yang dibeli perseroan adalah sebesar Rp1.148 per saham. Adapun, perkiraan jumlah dana yang diperoleh oleh perseroan setelah pelaksanaan pengalihan adalah sebesar Rp459,42 miliar.

Waktu pelaksanaan pengalihan saham hasil pembelian kembali dilakukan pada hari ini, Senin (5/10/2020) dengan broker BCA Sekuritas melalui pasar negosiasi. Dengan pengalihan saham ini, Lief Holdings Pte. Ltd menggenggam 6,06 persen saham ROTI.

Sebagai informasi, Lief Holdings Pte. Ltd merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Keluarga Yap dan Ibu Wendy Yap yang saat ini merupakan Direktur Utama Nippon Indosari Corpindo.

Pengalihan yang dilakukan oleh perseroan kepada Lief Holdings Pte Ltd. dianggap akan mencerminkan komitmen dan dukungan penuh Wendy Yap terhadap perkembangan potensi bisnis perseroan di masa yang akan datang.

“Rencana penggunaan dana hasil pengalihan tersebut akan digunakan untuk keperluan ekspansi usaha perseroan dalam rangka pengembangan pasar produk roti di Indonesia dan membayar utang jangka pendek perseroan,” tulis manajemen dalam keterangannya.

Diharapkan, setelah pembayaran utang jangka pendek tersebut, perseran dapat mengurangi beban bunga perseroan.

Mengingat rencana pengalihan saham merupakan transaksi afiliasi namun tidak mengandung benturan kepentingan, maka perseroan dikecualikan untuk mengikuti ketentuan sebagaimana dimaksud dalam peraturan di sektor pasar modal yang mengatur mengenai transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu.

Berdasarkan data Bloomberg, memang telah terjadi transaksi crossing saham yang dilakukan BCA Sekuritas dengan nilai transaksi pembelian dan penjualan yang juga sama yakni Rp459,42 miliar pada perdagangan Senin (5/10/2020).

Di lantai bursa, saham ROTI sendiri terkoreksi 0,82 persen atau 10 poin ke level Rp1.215.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper