Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukit Asam (PTBA) Pede Kinerja 2020 Positif, Tetap Bagi Dividen?

Manajamen Bukit Asam (PTBA) menyebut keputusan terkait rasio pembayaran dividen tergantung pemegang saham.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 29 September 2020  |  14:41 WIB
Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) Arviyan Arifin memberikan keterangan saat paparan kinerja di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) Arviyan Arifin memberikan keterangan saat paparan kinerja di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com,JAKARTA— PT Bukit Asam Tbk. optimistis tetap mencetak kinerja positif pada tahun ini meski diadang oleh pandemi Covid-19. 

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR Selasa (29/9/2020), Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin menanggapi pertanyaan terkait proyeksi dividen untuk kinerja tahun buku 2020. 

Menurutnya, wewenang penentuan dividend payout ratio (DPR) ada di tangan pemegang saham. Kendati demikian, Arviyan optimistis produsen batu bara itu masih bisa berkinerja positif pada 2020 meski di tengah pandemi Covid-19.

“Tentunya, tidak sebesar tahun lalu yang hampir Rp5 triliun. Insya Allah kami masih 50 persen hingga 60 persen dari tahun kemarin,” paparnya di sela-sela RDP.

Seperti diketahui, emiten berkode saham PTBA itu membagikan dividen Rp3,65 triliun untuk kinerja tahun buku 2019. Jumlah itu setara dengan 90 persen dari total laba bersih yang mencapai Rp4,05 triliun.

DPR perseroan untuk kinerja tahun buku 2019 naik dari tahun sebelumnya. Tercatat, PTBA membagikan dividen 75 persen dari total laba 2018.

Di sisi lain, Arviyan mengungkapkan perseroan telah menghentikan program buyback atau pembelian kembali saham. PTBA merogoh kocek Rp12 miliar dari rencana awal Rp300 miliar untuk aksi korporasi tersebut.

“Program buyback sudah dihentikan karena menurut kami ini tidak terlalu memberikan manfaat maksimal terhadap harga saham karena kami tidak bisa menduga sampai seberapa jauh harga saham bisa dipertahankan,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dividen bukit asam Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top