Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prajogo Realisasikan Buyback TPIA, Saham BRPT Ikut Melesat

Pada sesi I, saham BRPT menguat 5,13 persen atau 40 poin menjadi Rp820, setelah bergerak di rentang Rp775-Rp840.
Wisma Barito Pacific, kantor pusat PT Barito Pacific Tbk./barito-pacific.com
Wisma Barito Pacific, kantor pusat PT Barito Pacific Tbk./barito-pacific.com

Bisnis.com, JAKARTA — Saham Barito Grup, yakni PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menguat pada perdagangan Senin (7/9/2020).

Pada sesi I, saham BRPT menguat 5,13 persen atau 40 poin menjadi Rp820, setelah bergerak di rentang Rp775-Rp840. Transaksi saham mencapai Rp71,79 miliar.

Saham BRPT pun menjadi top gainers kedua siang ini, di bawah saham TPS Food (AISA) yang melejit 6,6 persen atau 14 poin ke level Rp226.

Adapun, anak usaha BRPT, yakni TPIA juga berhasil mengalami penguatan. Saham TPIA naik 1,1 persen atau 75 poin menuju Rp6.900, setelah bergerak di rentang Rp6.800-Rp6.975.

Transaksi saham TPIA siang ini sejumlah 11,89 miliar. Kapitalisasi pasarnya mencapai Rp123,05 triliun, sedangkan kapitalisasi pasar BRPT sebesar Rp76,58 triliun.

Sebagai informasi, Prajogo Pangestu menambah kepemilikan saham di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. lewat mekanisme buyback saham atau pembelian kembali 6,81 juta lembar saham.

Direktur Chandra Asri Petrochemical Suryandi menjelaskan bahwa Prajogo melakukan pembelian saham perseroan lewat mekanisme buyback. Menurutnya, jumlah yang diborong sebanyak 0,038 persen dari total saham yang dimiliki perusahaan atau sekitar 6,81 juta lembar.

Suryandi menjelaskan bahwa langkah itu dilakukan oleh Prajogo sebagai komitmen untuk menjaga kepercayaan kepada innvestor pasar modal. Tercatat, jumlah saham yang dimiliki oleh investor publik sebanyak 1,38 miliar lembat atau 7,75 persen dari total saham perseroan.

"Ini komitmen Prajogo Pangestu dalam meningkatkan rasa kepercayaan kepada investor pasar saham, dengan cara melakukan buyback saham," ujarnya melalui siaran pers, Minggu (6/9/2020).

Dia menambahkan pembelian kembali saham juga untuk memberi dorongan operasional. Dengan demikian, anak usaha PT Barito Pacific Tbk. itu mampu meraih hasil positif di tengah pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper