Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perdagangan Terakhir Agustus, Bursa Eropa Ditutup Melemah

https://www.bisnis.com/topic/5821/indeks-stoxx-600
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 01 September 2020  |  05:29 WIB
Logo WSE terletak di panel kaca di dekat layar elektronik yang menunjukkan kurva indeks dan data keuangan di Bursa Efek Warsawa di Warsawa. -  Bartek Sadowski / Bloomberg
Logo WSE terletak di panel kaca di dekat layar elektronik yang menunjukkan kurva indeks dan data keuangan di Bursa Efek Warsawa di Warsawa. - Bartek Sadowski / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (31/8/2020) di tengah volume perdagangan rendah karena pasar saham Inggris ditutup untuk hari libur umum.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,62 persen ke level 366,51, meskipun sempat menguat hingga 0,7 persen di awal perdagangan.

Meskipun melemah, indeks masih menguat 2,9 persen sepanjang bulan Agustus, yang didorong oleh berita positif mengenai vaksin dan karena pemerintah di zona euro menghindari adanya lockdown baru untuk mengekang penyebaran virus corona.

Saham menguat di awal perdagangan karena sentimen didorong oleh angka-angka yang menunjukkan aktivitas ekonomi China rebound lebih lanjut bulan ini, dengan indeks industri jasa berada di level terkuat sejak awal 2018.

Namun, sentimen mulai bergerak negatif setelah bursa saham Amerika Serikat hanya bergerak di bawah kisaran level tertinggi sepanjang masa. Sementara itu, indeks harga konsumen Eropa turun. Jerman, Italia dan Spanyol melaporkan tingkat inflasi negatif di bulan Agustus.

Gambaran keseluruhan dari inflasi yang rendah secara permanen di Jerman dan kawasan euro tidak akan berubah untuk saat ini,” kata kepala ekonom Union Investment, Joerg Zeuner, seperti dikutip Bloomberg.

“Sentimen didominasi oleh dampak penurunan pengangguran secara bertahap dan ketidakpastian umum mengenai konsumsi dan aktivitas investasi,” lanjutnya.

Sektor utilitas Eropa tampil di antara sektor yang menguat pada perdagangan Senin. Saham perusahaan pengelolaan air Prancis Suez SA melonjak sebanyak 20 persen setelah Veolia Environnement SA menawarkan 2,9 miliar euro (US$3,5 miliar) untuk 29,9 persen saham di perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx 600
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top