Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lego Konsesi Jalan Tol, Utang Waskita karya (WSKT) Bisa Susut Rp20 Triliun

PT Waskita Karya Tbk. berencana melepas kepemilikan saham di 5-7 ruas tol. Sejumlah calon investor tengah melakukan uji tuntas atau due diligence.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  10:11 WIB
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana melepas kepemilikannya pada beberapa ruas jalan tol yang dimiliki di sisa tahun 2020. Aksi tersebut tersebut diperkirakan dapat mengurangi beban utang berbunga sebesar Rp20 triliun

Direktur Keuangan Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma mengatakan perseroan akan fokus pada penyelesaian ruas jalan tol yang menjadi investasi perseroan lewat PT Waskita Toll Road. Secara keseluruhan, perseroan berpartisipasi pada 16 ruas jalan dengan kepemilikan bervariasi.

“Kebanyakan calon investor lebih tertarik pada ruas yang telah beroperasi karena tidak ada risiko pembebasan lahan atau risiko konstruksi,” Jelas Taufik dikutip dari keterangan resmi pada Senin (31/8/2020).

Taufik melanjutkan, saat ini perusahaan tengah melaksanakan proses pelepasan 5 hingga 7 ruas jalan tol. Calon investor saat ini tengah melakukan uji tuntas atau due diligence

Adapun ruas tol yang akan dilepas antara lain adalah ruas Bekasi - Cawang - Kampung Melayu dan ruas Cibitung - Cilincing. Emiten berkode WSKT akan mengundang partner strategis maupun melepas ruas tol melalui penerbitan instrumen ekuitas.

Bila divestasi berjalan mulus, manajemen WSKT memperkirakan dapat mengurangi utang berbunga hingga Rp20 Triliun. 

Sebelumya, WSKT juga telah melepas kepemilikan saham di dua entitas badan usaha jalan tol pada akhir tahun lalu. WSKT melepas kepemilikan seluruh saham sebesar 40 persen di PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK).

JSN merupakan pemegang konsesi jalan tol Solo–Ngawi (90,43 kilometer), sedangkan JNKK mengelola jalan tol Ngawi–Kertosono (87 kilometer). Investor yang mengambil alih saham WSKT di dua entitas tersebut adalah Road King Infrastructure Ltd, perusahaan infrastruktur yang sahamnya tercatat di Bursa Hong Kong.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita karya Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top