Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Belum Usai, Dua Emiten Optimis Target Tercapai

PT AKR Corporindo Tbk. dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. menyatakan pencapaian pada paruh pertama cukup memuaskan sehingga kedua emiten yakin target kinerja 2020 bisa tercapai.
Dhiany Nadya Utami & Ria Theresia Situmorang
Dhiany Nadya Utami & Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  16:33 WIB
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/8/2020). Pada penutupan perdagangan awal pekan, IHSG ditutup melemah 2,78 persen atau 143,4 poin ke level 5.006,22. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/8/2020). Pada penutupan perdagangan awal pekan, IHSG ditutup melemah 2,78 persen atau 143,4 poin ke level 5.006,22. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT AKR Corporindo Tbk. dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. optimistis bisa memenuhi target kinerja 2020 kendati iklim usaha terhuyung akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo mengatakan sepanjang enam bulan pertama tahun ini pencapaian perseroan sudah baik sehingga dia cukup optimistis dapat mempertahankan kinerja AKRA hingga akhir tahun.

First half achievement kita cukup baik jadi kita percaya sampai akhir tahun masih bisa mencapai target,” ungkapnya dalam sesi paparan publik via layanan daring, Kamis (27/8/2020).

Sepanjang semester I/2020, pendapatan emiten bersandi saham AKR itu tumbuh 2,0 persen menjadi Rp10 triliun. Adapun laba bersih naik 10 persen menjadi Rp431,5 miliar.

Haryanto menambahkan, penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang pulih secara bertahap juga menopang sikap optimistis perseroan. Hariyanto menyebut per Agustus ini, volume penjualan BBM ritel perseroan telah berada di level 90 persen dari posisi prapandemi.

Dia juga mengharapkan kontribusi mega proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, dapat meningkat di semester II/2020, baik dari pendapatan sewa maupun penjualan lahan.

Menurutnya, dalam setahun ini terlihat adanya peningkatan minat pada kawasan industri JIIPE, baik dari investor maupun perusahaan Indonesia yang ingin melakukan ekspansi.

Setali tiga uang, Sido Muncul juga percaya diri bisa mencapai target  pertumbuhan laba bersih dua digit untuk kinerja akhir tahun 2020.

Direktur Keuangan Sido Muncul Leonard mengatakan untuk mencapai hal tersebut perseroan akan fokus meningkatkan saluran distribusi melalui modern trade dan online store.

“Kita melihat ada switching customer behavior untuk membeli produk yang sifatnya online,” ujarnya dalam acara Pubex Live 2020, Kamis (27/8/2020).

Pandemi Covid-19 dianggap tidak terlalu berdampak pada kinerja keuangan. Ia menyatakan penjualan produk herbal memang menurun disebabkan penerapan lockdown di beberapa negara ekspor yang menyebabkan pendapatan dari luar negeri tergerus.

Di sisi lain perseroan menyatakan segmen makanan dan minuman, perseroan mencetak kenaikan sebesar 16 persen yang terutama disebabkan oleh pertumbuhan minuman yang mengandung jahe dan vitamin C.

Sebagai gambaran, produsen Tolak Angin tersebut membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp413,79 miliar. Realisasi tersebut bertumbuh 10,6 persen dari capaian periode yang sama tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten akr corporindo sido muncul
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top