Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pan Brothers (PBRX) Genjot Ekspor APD, Ini Negara yang Dibidik

Pan Brothers memiliki kapasitas produksi APD disposable sebesar 10 juta unit per bulan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  17:54 WIB
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk.  - panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. - panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Pan Brothers Tbk. menyatakan akan menggenjot penjualan produk alat pelindung diri (APD) ke luar negeri setelah keran ekspor dibuka sejak Juni 2020.

Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk. Anne Patricia Sutanto menjelaskan bahwa perseroan tengah melakukan pembahasan dan proses pengujian contoh produk  dengan calon pembeli dari beberapa negara.

Dia menuturkan kapasitas produksi APD disposable emiten berkode saham PBRX itu mencapai 10 juta unit per bulan. Pembagian alokasi antara domestik dan ekspor akan sangat bergantung kepada permintaan.

“September diharapkan mulai ekspor perdana APD. Ekspor ke negara Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Timur Tengah,” jelasnya kepada Bisnis, Senin (11/8/2020).

PBRX melaporkan penjualan ekspor menjadi kontributor terbesar perseroan dengan pertumbuhan 6,89 persen secara year on year (yoy) menjadi US$285,81 juta per 30 Juni 2020. Berdasarkan area geografis, penjualan terbesar masih berasal dari kawasan Asia yang menyumbang US$199,70 juta diikuti oleh Amerika US$71,79 juta.

Dari penjualan lokal atau domestik, PBRX melaporkan realisasi penjualan US$41,06 juta per akhir semester I/2020. Pencapaian itu tumbuh 131,98 dibandingkan dengan US$17,70 juta periode 30 Juni 2019.

Manajemen PBRX menjelaskan bahwa pertumbuhan penjualan lokal perseroan didorong oleh penjualan produk sports and performance ke merek lokal yang meningkat. Selain itu, kenaikan didorong oleh penjualan alat pelindung diri (APD) dan masker reusable

PBRX mencetak laba bersih US$12,07 juta per 30 Juni 2020. Jumlah yang dikantongi naik 42,55 persen dari US$8,47 juta per akhir semester I/2019.

Dia mengatakan perseroan sebelumnya juga telah menjalankan ekspor masker reusable sejak April 2020. Pengiriman dilakukan ke beberapa wilayah seperti Amerika Serikat, Eropa, Asia Tenggara, dan Australia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apd pan brothers
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top