Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anak Usaha Tambang Emas United Tractors (UNTR) Dapat Pinjaman US$70 Juta

PT Agincourt Resources akan menggunakan pinjaman dari PT Pamapersada Nusantara untuk modal kerja. Agincourt merupakan pengelola tambang Martabe dan secara resmi bergabung dengan Grup Astra pada akhir 2018.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  19:57 WIB
Tambang emas Martabe di Batang Toru, Sumatra Utara - Bloomberg/Dadang Tri
Tambang emas Martabe di Batang Toru, Sumatra Utara - Bloomberg/Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA - Dua entitas usaha PT United Tractor Tbk. melakukan transaksi afiliasi senilai US$70 juta atau setara Rp1,015 triliun dengan asumsi nilai tukar Rp14.500 per dolar AS.

Berdasarkan keterbukaan informasi emiten berkode saham UNTR itu, anak usahanya di bidang kontraktor pertambangan, PT Pamapersada Nusantara (PAMA), memberikan pinjaman kepada entitas usaha UNTR lainnya di bidang tambang emas, PT Agincourt Resources (PTAR).

Untuk diketahui, PAMA merupakan anak perusahaan dari UNTR, sedangkan PTAR merupakan anak usaha dari PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) yang dimiliki 60 persen oleh UNTR dan 40 persen oleh PAMA.

Kedua entitas usaha itu melakukan perjanjian pada 3 Agustus 2020 dengan jenis transaksi merupakan fasilitas pinjaman berulang atau revolving yang berlaku hingga lima tahun ke depan.

Adapun, nilai pinjaman itu sebesar US$70 juta atau setara Rp1,015 triliun dengan asumsi nilai tukar Rp14.500 per dolar AS dan dengan tingkat bunga sesuai LIBOR ditambah dua persen  per tahun. Dana dari fasilitas pinjaman itu nantinya akan digunakan PTAR sebagai modal kerja.

Di sisi lain, transaksi itu juga dilakukan karena PTAR belum memiliki standby facility dari bank, sehingga pada saat situasi yang tidak kondusif saat ini akibat pandemi Covid-19, PTAR tetap dapat melaksanakan kegiatan operasionalnya dengan baik. 

“Secara bisnis bagi PTAR akan lebih menguntungkan apabila PTAR mendapatkan pinjaman dari PAMA dibandingkan dengan dari pihak lain,” ujar Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K Loebis seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (5/8/2020).

Saham UNTR ditutup menguat 5,26 persen ke level 21.525 pada perdagangan hari ini, Rabu (5/8/2020). Saham UNTR dibuka di posisi 20.550 dan bergerak di rentang 20.550 s.d 21.875 sepanjang perdagangan. Total transaksi saham UNTR hari ini mencapai Rp161,92 miliar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

united tractors agincourt resources
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top