Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Surya Semesta (SSIA) Bukukan Pendapatan Rp1,46 Triliun

SSIA mengalami penurunan pendapatan dibandingkan periode tahun lalu Rp1,81 triliun. Adapun beban pokok pendapatan SSIA tercatat sebesar Rp1,21 triliun.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  14:15 WIB
Banyan Tree Ungasan Resort - suryainternusa.com
Banyan Tree Ungasan Resort - suryainternusa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten properti PT Surya Semesta Internusa Tbk. (SSIA) mencetak pendapatan sebesar Rp1,46 triliun pada semester I/2020.

Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan perseroan, SSIA mengalami penurunan pendapatan dibandingkan periode tahun lalu Rp1,81 triliun. Adapun beban pokok pendapatan SSIA tercatat sebesar Rp1,21 triliun.

Emiten properti itu mencatatkan penambahan beban keuangan dari posisi Rp75,03 miliar menjadi Rp100 miliar. Hal ini menyebabkan rugi sebelum pajak emiten itu naik menjadi Rp119,68 miliar dari posisi Rp75,03 miliar.

Setelah dikurangi pajak dan lain-lain, SSIA mengalami kerugian Rp122,90 miliar naik dari posisi tahun sebelumnya Rp33,85 miliar. Begitu juga dengan rugi per saham menjadi Rp26,91 naik dari level Rp7,28.

Selain itu, SSIA tercatat memiliki total liabilitas Rp3,50 triliun. Liabilitas jangka pendek menyumbang Rp1,63 triliun dan jangka panjang Rp1,87  triliun.

Total aset perseroan mencapai Rp7,82 triliun dengan aset lancar Rp3,44 triliun dan aset tidak lancar Rp4,37 triliun.

Sebelumnya, Investor Relation Surya Semesta Internusa Erlin Budiman mengatakan kondisi itu kini mulai pulih sejak kenormalan baru mulai ditetapkan.

Meski tidak memberikan angka detil mengenai okupansi kamar, Erlin mengatakan sudah ada perbaikan dibandingkan ketika saat operasional ditutup.

"Sebelumnya hotel kami tutup kemudian pada bulan Juni sudah buka. Namun, belum kembali normal okupansi kamar hanya saja ada peningkatan dari minggu ke minggu," katanya kepada Bisnis pada Rabu (15/7/2020).

Menurutnya secara perlahan kamar-kamar hotel mulai terisi. Sebagai informasi, emiten berkode saham SSIA itu memiliki 3 jaringan hotel yakni Hotel Melia, Batiqa dan Banyan Tree Ungasan.

Dari ketiga jaringan hotel itu, Erlin mengatakan Batiqa cabang Pekanbaru dan Palembang memiliki perkembangan yang cukup baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surya semesta internusa Kinerja Emiten
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top