Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saham Eropa Melonjak ke Level Tertinggi 1 Bulan karena Optimisme Vaksin

Indeks Stoxx Europe 600 naik 1,8 persen pada penutupan perdagangan Rabu (15/7/2020), dengan sektor saham perjalanan dan industri memimpin kenaikan.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  05:15 WIB
Stoxx. -  Alex Kraus / Bloomberg
Stoxx. - Alex Kraus / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Saham Eropa naik ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan akibat meningkatnya optimisme atas kemajuan dalam mengembangkan vaksin untuk virus corona.

Dikutip dari Bloomberg, Indeks Stoxx Europe 600 naik 1,8 persen pada penutupan perdagangan Rabu (15/7/2020), dengan sektor saham perjalanan dan industri memimpin kenaikan.

Vaksin oleh perusahaan biotek AS Moderna Inc. yang memproduksi antibodi terhadap virus corona pada semua pasien berhasil diuji. Tes tersebut masuk dalam kategori aman bagi pasien.

Aset berisiko memperpanjang kenaikan dan saham AstraZeneca Plc. naik setelah sebuah laporan bahwa jurnal medis akan merilis berita positif tentang vaksin virus corona yang dikembangkan perusahaan bersama University of Oxford.

Bursa Eropa naik kembali ke level tertinggi tiga bulan yang dicapai pada bulan Juni. Selain perkembangan vaksin, pasar didukung potensi pemulohan ekonomi.

Investor juga mengamati dengan cermat musim laporan keuangan sebagai petunjuk perihal kesehatan perusahaan.

"Berita vaksin Covid-19 telah memadamkan nada risiko Senin, dengan uji coba Moderna membantu menempatkan tawaran kembali ke spektrum aset-risiko," kata Eleanor Creagh, ahli strategi pasar di Saxo Bank.

Saham produsen obat termasuk di antara perusahaan yang meningkatkan Stoxx 600. Selain AstraZeneca, Roche Holding AG dan Novartis AG juga naik, naik lebih dari 1,8 persen.

Saham GlaxoSmithKline Plc naik 2,9 persen setelah pengobatan kanker darahnya memenangkan mendapat dukungan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS.

Bank berperforma buruk, dengan SEB AB menurun setelah laba bersihnya meleset dari perkiraan. Svenska Handelsbanken AB juga turun, dengan Goldman Sachs Group Inc. mencatat kehilangan laba inti sebelum provisi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa bursa global indeks stoxx 600

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top