Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sinar Mas Agro (SMAR) Ubah Jajaran Komisaris dan Direksi, Ini Susunannya!

Entitas Grup Sinar Mas, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., mengubah jajaran komisaris dan direksi dalam RUPS.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  14:59 WIB
Emiten perkebunan, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., absen membagikan dividen final untuk tahun buku 2019 kepada pemegang saham, sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (15/7 - 2020). Istimewa
Emiten perkebunan, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., absen membagikan dividen final untuk tahun buku 2019 kepada pemegang saham, sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (15/7 - 2020). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten perkebunan, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., mengubah jajaran direksi dan komisaris perseroan.

Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada hari ini, Rabu (15/7/2020). Selain itu, RUPS memutuskan tidak adanya pembagian dividen.

Manajemen Sinar Mas Agro Resources and Technology menjelaskan bahwa keputusan tidak membagikan dividen untuk tahun buku 2019 dengan mempertimbangkan kondisi ketidakpastian ekonomi dunia di tengah pandemi Covid-19.

“Perseroan perlu menerapkan prinsip kehati-hatian terutama untuk menjamin likuiditas dalam rangka mengedepankan tanggung jawab kepada pemegang saham, kreditu, dan pemangku kepentingan lainnya,” tulis Sinar Mas Agro Resources and Technology seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (15/7/2020).

Dengan demikian, emiten berkode saham SMAR itu untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir absen dari pembagian dividen untuk para pemegang sahamnya.

Untuk tahun buku 2018, SMAR membagikan dividen Rp750 per saham atau total mencapai Rp2,15 triliun dividen kepada pemegang saham. Perseroan membagikan dividen menggunakan saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya per akhir 2018 sebesar Rp 9,48 triliun.

Kemudian, untuk tahun buku 2017 SMAR membagikan dividen sebesar Rp30 per saham dan Rp25 per saham untuk tahun buku 2016.

Adapun, pada 2019 perseroan berhasil mencetak laba bersih Rp898,69 miliar. Jumlah itu naik 50,34 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp597,77 miliar. Sementara itu, total pendapatan SMAR mencapai Rp36,19 triliun sedangkan tahun sebelumnya Rp37,39 triliun

Di sisi lain, pemegang saham juga menyetujui susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang baru untuk masa jabatan 2020-2025.

Sebelumnya, Komisaris independen Sinar Mas Agro Resources Technology menyatakan mundur dari jabatannya.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (4/6/2020), emiten berkode saham SMAR itu mengumumkan bahwa Rahmat Waluyanto Komisaris Independen perseroan mundur dari posisinya. Pengunduran diri itu didasarkan pada kehendak dan keinginan pribadi.

Manajemen mengatakan pengunduran diri itu mulai efektif per tanggal 16 Juni 2020. Adapun manajemen perseroan menyebutkan tidak ada dampak terhadap kegiatan operasional atau keuangan perseroan.

Berikut susunan direksi dan komisaris Sinar Mas Agro Resources and Technology terbaru:

Komisaris

Komisaris Utama : Franky Oesman Widjaja

Wakil Komisaris Utama : Muktar Widjaja

Wakil Komisaris Utama : Rafael Buhay Concepcion, Jr.

Komisaris Independen : Ardhayadi SE. MA

Komisaris Independen : Prof. DR. Teddy Pawitra

Komisaris Independen : Prof. DR. Susiyati B.

Komisaris : Ir. Lukmono Sutarto

Direksi

Direktur Utama : Jo Daud Dharsono

Wakil Direktur Utama : Jimmy Pramono

Wakil Direktur Utama : Irwan Tirtariyadi

Direktur : Franciscus Costan

Direktur : DR. ING. Gianto Widjaja

Direktur : D. Agus Purnomo

Direktur : Yovianes Mahar

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinarmas sinar mas agro resources an technology RUPS
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top