Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kejar MotoGP 2021, PTPP dan Bank BUMN Turun Tangan Bangun Sirkuit Mandalika

ITDC meneken perjanjian kerja sama (PKS) dengan PP untuk pembangunan Sirkuit Mandalika Senilai Rp900 miliar.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  13:28 WIB
Foto area Kuta Beach Park the Mandalika di kawasan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah,NTB, Minggu (24/2/2019). - ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto area Kuta Beach Park the Mandalika di kawasan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah,NTB, Minggu (24/2/2019). - ANTARA/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meneken kerja sama dengan PT PP (Persero) Tbk. dan empat bank BUMN untuk mendukung pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

ITDC meneken perjanjian kerja sama (PKS) dengan PP untuk pembangunan Sirkuit Mandalika Senilai Rp900 miliar.

Selanjutnya, perseroan juga meneken termsheet fasilitas sindikasi perbankan dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) untuk mendukung pembangunan fasilitas tersebut.

ITDC merupakan BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali, dan The Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Fokus utama saat ini untuk menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Sircuit untuk menyambut agenda MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung akhir 2021.

Penandatangan PKS dilakukan oleh jajaran Direksi ITDC, PP, dan empat bank badan usaha milik negara (BUMN) di Jakarta Rabu (15/7/2020). Kegiatan itu disaksikan langsung oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Kartika mengatakan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional.

“Kerja sama antara ITDC, PP, dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah event MotoGP 2021,” ujarnya melalui siaran pers Rabu (15/7/2020).

Dia menyebut Sirkuit Mandalika memiliki keunikan dari sisi pemandangan yang disajikan. Hal itu diharapkan menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.

Lewat kolaborasi antar BUMN, pembangunan akan dilakukan menggunakan skema prefinanced project. Kawasan Sirkuit Mandalika berada di lahan seluas 52,5 hektare di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan kerja sama dengan PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit. Saat ini, progres atas pekerjaan-pekerjaan awal termasuk perrsiapan dan ground work telah mencapai 40 persen.

Proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai pada Januari 2021. Secara keseluruhan pembangunan ditargetkan selesai pertengahan 2021.

Dengan perjanjian ini, PP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap Final Project Hand Over.

ITDC telah menunjuk Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai anak usaha yang menangani persiapan serta penyelenggaraan MotoGP dan seri balap lainnya di Sirkuit Mandalika.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN ptpp bank bumn KEK Mandalika
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top