Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Perusahaan P2P Lending, MNC Kapital (BCAP) Perkuat Sinergi MNC Grup

Setelah akuisisi, selain berfungsi sebagai marketplace bagi pihak ketiga atau pemberi pinjaman individu, perseroan berencana untuk menggunakan platform tersebut sebagai penyalur pembiayaan kredit bagi pengguna SPIN, MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing.
Peluncuran Smart Payment Indonesia (SPIN) Minggu (3/11/2019). SPIN dijalankan PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) yang merupakan anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP)./mncfinancialservices.com
Peluncuran Smart Payment Indonesia (SPIN) Minggu (3/11/2019). SPIN dijalankan PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) yang merupakan anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP)./mncfinancialservices.com
Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP) akan menuju layanan keuangan digital yang terintegrasi ditandai dengan ditandatanganinya term sheet untuk mengakuisisi mayoritas saham perusahaan platform peer-to-peer (P2P) lending.
Setelah akuisisi, selain berfungsi sebagai marketplace bagi pihak ketiga atau pemberi pinjaman individu, perseroan berencana untuk menggunakan platform tersebut sebagai penyalur pembiayaan kredit bagi pengguna SPIN, MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing.
MNC Group berencana untuk sepenuhnya memanfaatkan big data-nya, mengintegrasikan master data untuk meningkatkan peluang cross selling dan upselling produk yang ditawarkan.
Untuk mencapai hal ini, MNC Group sedang mengembangkan sistem akses tunggal di seluruh ekosistem digitalnya, mengkonsolidasi identitas pengguna untuk mengolah data analitik berdasarkan peristiwa agar dapat mengetahui tingkah laku pelanggan dengan lebih baik dan melakukan penawaran pada waktu yang tepat.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan pihaknya sudah menyiapkan sinergi layanan keuangan digital tersebut. 
"Dengan memasuki bidang pembiayaan retail, platform P2P lending ini dapat digunakan sebagai platform penyaluran pembiayaan kredit untuk MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing, serta peluang-peluang lainnya untuk dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan bisnis MNC Group lainnya," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (30/6/2020).
Ia menjelaskan, smart payment milik MNC, SPIN kemudian akan mensinergikan BCAP, MNCN (PT Media Nusantara Citra Tbk) dan IPTV (PT MNC Vision Networks Tbk). Dengan fitur tambahan seperti loyalty point dan payment gateway akan lebih meningkatkan keterlibatan pengguna
Sejalan dengan hal tersebut, Direktur perseroan yang membawahi pengembangan digital, Jessica Tanoesoedibjo juga menerangkan revolusi industri 4.0 menuntut respons serba cepat. 
Dengan demikian, BCAP, sepenuhnya siap melakukan berbagai transformasi digital dengan tidak sekedar cepat, tapi juga tepat dalam memanfaatkan teknologi untuk menjadikan perseroan sebagai pelopor layanan keuangan digital yang terintegrasi di Indonesia.
"MNC Kapital akan terus menjawab era digitalisasi yang berkembang semakin pesat dengan membangun sinergi grup yang solid dan tetap berkomitmen meningkatkan kenyamanan pelanggan serta efisiensi proses operasional bisnis," ungkap Jessica.
SINERGI MNC GROUP
Inisiatif digital yang ditempuh oleh MNC Kapital tidak terhenti di situ, MNC Bank dengan visinya untuk menjadi bank masa depan yang berlandaskan teknologi terkini, akan meluncurkan new mobile banking dengan nama Motion (Mobile Transaction Indonesia).
Untuk mewujudkan visi MNC Bank menuju bank tanpa cabang dan meningkatkan kepuasan pengalaman nasabah, berbagai fitur baru dikembangkan di dalam Motion, termasuk biometric login (pengenalan wajah dan sidik jari).
Selanjutnya, prosedur verifikasi identitas secara online (E-KYC), berbagai pilihan transfer (online, RTGS, akun virtual untuk top up transfer uang elektronik), tagihan terpisah, QRIS untuk pembayaran online dan offline, transaksi historis dan informasi kredit yang lengkap, pemberitahuan real time, transaksi valuta asing dan lain-lain.
Ada pula SPIN (Smart Payment Indonesia) merupakan platform milik MNC Teknologi Nusantara yang menyediakan layanan e-money, e-wallet dan transfer digital.
Inovasi terkini dari SPIN adalah konsep baru in-TV purchase. Pengguna dapat melakukan scan QRIS yang terpampang di layar televisi dan membeli produk yang ditawarkan. Ini merupakan langkah pertama dari SPIN mensinergikan kemampuannya masuk ke ranah bisnis media dari MNC Group.
MNC Teknologi Nusantara (MTN), perusahaan di balik SPIN, juga dalam proses untuk meluncurkan program loyalty point. Loyalty Point ini akan diintegrasikan ke dalam berbagai platform digital.
MNC Group, dari media, seperti RCTI+ dan Vision+, hingga jasa keuangan, termasuk SPIN, Motion, Hario, MNC Trade, MNC Duit hingga platform P2P, yang dapat digunakan untuk berlangganan atau mendapatkan penawaran khusus yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan mempertahankan pelanggan agar tetap berada dalam ekosistem MNC Group.
Selain inisiatif digital di atas, perseroan juga sedang mengembangkan aplikasi urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi (equity crowdfunding), di saat yang bersamaan, MTN juga sedang dalam proses persetujuan Bank Indonesia sebagai payment gateway. Payment gateway ini akan menjadi metode pembayaran tagihan dalam ekosistem MNC Group maupun pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper