Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ignasius Jonan Masuk Bursa Komisaris Dinilai Beri Dampak Positif ke Unilever

Rencananya perusahaan multinasional itu bakal meminta restu pemegang saham pada 24 Juli mendatang.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  18:42 WIB
Unilever - www.unilever.co.id
Unilever - www.unilever.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan masuk daftar bursa Komisaris PT Unilever Indonesia Tbk.

Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Sancoyo Antarikso membenarkan bahwa mantan menteri perhubungan dan ESDM itu masuk jajaran bursa Komisaris Independen. Namun, dia belum mengungkapkan alasan khusus terkait penunjukkan itu.

Rencananya, perusahaan multinasional itu bakal meminta restu pemegang saham pada 24 Juli mendatang. Namun yang menarik, Ignasius Jonan tidak memiliki latar belakang menahkodai perusahaan konsumer.

Dalam profil calon komisaris yang diterbitkan perseroan, Ignasius Jonan disebutkan sebagai praktisi manajemen dan keuangan dengan pengalaman luas sebagai pemimpin di berbagai Lembaga dan institusi.

Misalnya Citibank, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) serta menjabat sebagai Menteri Perhubungan (2014-2016) dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016-2019) Republik Indonesia.

Meski demikian, William Siregar Analis BNI Sekuritas menilai rencana pengangkatan Iganisus dapat memberikan dampak positif.

"Kami memandang hal tersebut positif mengingat kapasitas dan kemampuannya yang kami pikir positif bagi ekosistem bisnis dengan melihat dari pengalamannya," katanya pada Jumat (26/6/2020).

Selain itu, William menilai perihal soal LGBT yang tengah menjadi sentimen negatif hanya akan bersifat sementara.

"Memang akan menjadi badai akibat sentimental LGBT yang membuat kampanye boikot UNVR cukup besar," katanya.

Namun dalam jangka panjang, UNVR masih mampu meningkatkan kapasitasnya pertumbuhan pendapatan sebagai suatu perusahaan konsumer yang produknya banyak diminati oleh publik.

Selain Ignasius Jonan, Badri Narayanan juga masuk kandidat Direktur Perseroan yang akan memimpin bagian penjualan. Badri bergabung dengan Unilever pada tahun 2000 sebagai Area Sales and Customer.

Selama 20 tahun terakhir, beliau pernah bekerja di bagian Area Sales and Customer, Merek Regional, CD Excellent and Operations, Direktur Regional Customer Development, baik di tingkat lokal, regional dan global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unilever ignasius jonan unvr
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top