Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Kuartal I/2020 : Produsen Sari Roti Raup Laba Rp77,8 Miliar

Perolehan laba bersih Nippon Indosari Corpindo ditopang pertumbuhan pendatapan yang mencapai 15,3 persen secara tahunan.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 28 April 2020  |  21:00 WIB
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk - sariroti.com
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk - sariroti.com

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen roti dengan merek Sari Roti,  PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. (ROTI) mencatatkan kinerja kinclong sepanjang kuartal pertama tahun ini. 

Laporan keuangan perseroan menunjukkan, ROTI membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik induk sebesar Rp77,8 miliar. Jumlah itu meningkat meningkat 20,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut ditopang oleh penjualan bersih perseroan yang mencapai Rp912,9 miliar. Sepanjang kuartal I/2020 penjualan perseroan naik 15,3 persen, baik dari kanal penjualan modern maupun tradisional.

Pada kanal penjualan tradisional, penjualan ROTI berhasil tumbuh 26,1 persen dibandingkan tahun lalu yakni mencapai Rp227 miliar. Sementara itu, pada kanal penjualan modern yang merupakan kontributor utama pendapatan perseroan penjualan tumbuh 13,5 persen menjadi Rp657 miliar.

“Fokus penjualan [di kanal modern] fokus pada produk-produk unggulan dan meningkatkan penetrasi pasar khususnya gerai minimarket,” demikian tulis manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (28/4/2020)

Sementara itu, margin laba kotor perseoan berhasil dipertahankan pada kisaran 56,4 persen dengan peningkatan margin EBITDA hingga 18,3 persen. Perseroan menyebut pencapaian ini sebagai buah positif kinerja produksi unggul dan efisiensi operasional yang berkesinambungan.

Hingga akhir kuartal I/2020, serapan belanja modal perseroan telah mencapai Rp115,3 miliar atau 28,8 persen dari target capital expenditure tahun ini yang sebesar Rp400 miliar. Belanja modal akan digunakan, salah satunya untuk pembangunan dua pabrik baru di Pekanbaru dan Banjarmasin.

Hingga saat ini, ROTI mengoperasikan 14 pabrik, yang mana 13 di antaranya berlokasi di Indonesia dan satu sisanya berada di Filipina. 

Terkait dengan situasi pandemi  Covid-19, perseroan menilai permintaan akan produk roti sangat tinggi dan berkomitmen akan menjaga ketersediaan roti mereka.  Perseroan juga menerapkan protokol kesehatan yang diperlukan.

ROTI juga telah melakukan program donasi bertajuk “Sari Roti Peduli” dengan membagikan ribuan roti kepada tenaga medis di berbagai kota antara lain Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Samarinda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten nippon indosari corpindo
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top