Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Nantikan Respon Kebijakan Bank Sentral, Bursa Eropa Fluktuatif

Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat hanya 0,04 persen atau 0,15 poin ke level 386,45 pada pukul 15.53 WIB.
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa berfluktuasi pada awal perdagangan hari ini, Kamis (5/3/2020).

Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat hanya 0,04 persen atau 0,15 poin ke level 386,45 pada pukul 15.53 WIB, setelah dibuka dengan penguatan 0,43 persen atau 1,67 poin ke level 387,97 dan sempat melemah hingga 385,67.

Dilansir Bloomberg, bursa Eropa berfluktuasi setelah investor menimbang respons kebijakan bank sentral global terhadap wabah virus corona (Covid-19).

Bursa Eropa rebound pada perdagangan sebelumnya menyusul optimisme tentang respons kebijakan terhadap meningkatnya wabah Covid-19 yang pekan lalu mendorong indeks Stoxx mencatat pelemahan terbesar sejak 2008.

Pada akhir perdagangan Rabu (4/3), indeks Stoxx ditutup menguat 1,36 persen atau 5,17 poin ke level 386,30.

Dari 12 dari 19 sektor di indeks Stoxx menguat, dipimpin oleh sektor finansial yang naik 0,56 persen, disusul sektor asuransi yang menguat 0,41 persen.

Kepala analis pasar di CMC Markets, Michael Hewson mengatakan investor masih optimis terhadap penguatan indeks, namun cenderung bersikap hati-hati terhadap segala kemungkinan. Hewson sendiri mengungkapkan keraguannya bahwa penguatan indeks dapat bertahan lama.

“Rencana stimulus dari anggota parlemen AS adalah hal positif, tetapi sekarang pemerintah lain juga perlu meningkatkannya. Dan sementara Inggris mungkin akan mengikuti pekan depan, ada sedikit kepercayaan bahwa Uni Eropa akan melakukan hal yang sama,” ungkapnya, seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu, di antara emiten yang diperdagangkan, saham Continental jatuh 9,3 persen setelah memperkirakan penurunan laba lebih lanjut di tahun 2020 dan tengah menjajaki langkah-langkah tambahan untuk memangkas biaya.

Di sisi lain, saham Melrose Industries Plc naik 1 persen setelah mencatat laba operasional setahun penuh yang di atas estimasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper