Saham Louis Vuitton Dorong Penguatan Indeks Stoxx

Indeks mencapai rekor tertinggi minggu lalu di tengah meredanya ketegangan AS-Iran dan harapan kesepakatan perdagangan fase pertama AS-China.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  06:00 WIB
Saham Louis Vuitton Dorong Penguatan Indeks Stoxx
Grafik indeks harga saham Jerman DAX digambarkan di bursa saham di Frankfurt, Jerman, 18 September 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Saham LMVH yang mencapai rekor tertinggi dan penguatan saham pengembang properti Taylor Wimpey mendorong bursa saham Eropa ke zona hijau pada perdagangan Selasa (14/1/2020) di tengah penantian investor terhadap penandatanganan kesepakatan perdagangan AS-China fase pertama.

Meskipun sebagian besar bursa saham diperdagangkan flat cenderung melemah, indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,3 persen, mengakhiri reli pelemahan 2 hari berturut-turut.

Indeks mencapai rekor tertinggi minggu lalu di tengah meredanya ketegangan AS-Iran dan harapan kesepakatan perdagangan fase pertama AS-China.

Kesepakatan yang akan ditandatangani di Washington pada Rabu (15/1/2020) tersebut menandai langkah pertama dalam akhir perang perdagangan yang telah mengganggu ekonomi global selama 18 bulan terakhir.

"Kami masih menunggu perincian tentang kesepakatan perdagangan ... keberlanjutan, dan efektivitasnya akan dinilai berdasarkan perincian tersebut dan mungkin ada elemen yang ditunggu pasar," kata Craig Erlam, analis pasar di Oanda, seperti dikutip Reuters.

Sektor barang mewah terdongkrak ketika analis UBS mengatakan bahwa mereka memperkirakan 2020 menjadi tahun yang sibuk untuk sektor ini yang didukung oleh sentimen konsumen yang berada di level tertinggi dan kelanjutan spekulasi merger dan akuisisi. Saham pemegang merek Louis Vuitton, LVMH, menguat 1 persen ke level tertinggi.

Pengembang properti Taylor Wimpey naik 3,9 persen setelah melaporkan kenaikan 22 persen dalam pesanannya pada tahun lalu dan memproyeksikan kinerja positif untuk tahun ini.

Indeks DAX Jerman ditutup datar karena lonjakan 4,7 persen di perusahaan pembayaran, Wirecard, mengimbangi pelemahan saham layanan kesehatan Fresenius, yang jatuh setelah perusahaan mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan akan laba terbatas pada tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa, indeks stoxx 600, louis vuitton

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top