Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BCAP Beli Aset Default di Reksa Dana MNC Asset Management

PT MNC Kapital Indonesia Tbk. [BCAP] memutuskan untuk mengambil alih aset dasar reksa dana kelolaan PT MNC Asset Management (MAM) yang telah dinyatakan default.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 20 Desember 2019  |  20:19 WIB
MNC Financial Services
MNC Financial Services

Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk. [BCAP] memutuskan untuk mengambil alih aset dasar reksa dana kelolaan PT MNC Asset Management (MAM) yang telah dinyatakan default.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, beberapa aset yang telah gagal itu adalah Obligasi TPS Food 1 Tahun 2013, Sukuk Ijarah TPS Food I Tahun 2013, dan Sukuk Ijarah TPS Food II Tahun 2016.

“Sebagai wujud komitmen kami untuk menyelesaikan permasalahan dengan tetap mengutamakan kepentingan terbaik untuk para nasabah MNC Asset Management, perseroan bertanggung jawab untuk mem-bailout porsi [obligasi] AISA," kataDirektur Utama BCAP Wito Mailoa dalam keterangannya, Jumat (20/12/2019).

Adapun langkah itu diambil setelah salah satu anak usaha MNC Group, PT MNC Asset Management menerima surat imbauan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam surat itu, OJK memberikan suspensi untuk 7 produk reksa dana yang melanggar aturan.

Adapun beberapa aturan yang dilanggar adalah mengenai kepemilikan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan penempatan investasi pada efek default dan efek yang saat ini sedang dalam proses restrukturisasi.

Emiten bersandi saham BCAP ini merupakan pemegang saham MAM dan mengambil alih obligasi milik PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) dengan nilai buku sebagai bentuk komitmen BCAP untuk menjaga nama baik perusahaan.

Pada saat bersamaan, MNC Asset Management disebut juga melakukan berbagai perbaikan dan penyesuaian atas komposisi portfolio efek agar memenuhi ketentuan pasal 6 angka 1 huruf d dan j POJK 23 dan pasal 16 POJK 19.

MAM juga menyesuaikan valuasi atas Efek Obligasi Sumberdaya Sewatama I Tahun 2012 Seri B dan Sukuk Ijarah Sumberdaya Sewatama I tahun 2012. MNC Asset Management (MAM) menyampaikan komitmennya untuk memenuhi imbauan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi mnc asset management
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top