AKR Corporindo (AKRA) Mulai Pengembangan Tahap Kedua JIIPE Seluas 400 Hektare

PT AKR Corporindo Tbk. akan melanjutkan pengembangan kawasan industri JIIPE tahap kedua seluas 400 hektare yang ditargetkan rampung pada 2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  10:09 WIB
AKR Corporindo (AKRA) Mulai Pengembangan Tahap Kedua JIIPE Seluas 400 Hektare
Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa yang digelar PT AKR Corporindo Tbk. di Jakarta, Selasa (30/4/2019), diputuskan bahwa perseroan akan membagikan dividen Rp963,52 miliar. - Bisnis/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA — PT AKR Corporindo Tbk. akan melanjutkan pengembangan kawasan industri di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu menjelaskan bahwa perseroan akan memasuki tahap kedua pengembangan kawasan industri tersebut. Pada tahap ini, perseroan akan menggarap lahan seluas 400 hektare.

Dia menyebutkan bahwa sebelumnya perseroan telah menyelesaikan pengembangan tahap pertama di atas lahan seluas 800 hektare. Suresh menyebut untuk tahap pertama perseroan menggelontorkan dana senilai Rp5 triliun.

“Tahap ke dua time frame-nya dikerjakan tahun ini dan akan selesai pada 2022,” ujarnya di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Adapun, pada pengembangan tahap dua ini, perseroan akan melakukan pembangunan pembangkit listrik berdaya 300 mega watt, dermaga dengan ukuran 1.500 meter, dan dermaga tongkang seluas 500 meter.

“Tiga tahun ke depan utilitas selesai mungkin pendapatan dari JIIPE 15%—20% untuk AKR,” ujarnya.

Sekadar informasi, kawasan industri JIIPE berada di atas lahan seluas 3.000 hekatare yang di bagi tiga kawasan yaitu 1.700 hektare untuk kawasan industri, 400 hektare untuk pelabuhan, dan 800 hektare untuk kawasan residensial.

Dari segi fasilitas infrastruktur kawasan indsutri ini akan dilengkapi dengan pelabuhan laut dengan konsesi selama 76 tahun, pembangkit listrik hingga 500 MW, fasilitas pengolahan air bersih, pengolahan limbah, jaringan pipa gas, dan fiber optic.

Untuk pengembang kawasan industri tersebut, AKRA membentuk unit usaha joint venture PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Sebesar 60% saham perusahaan patungan itu digenggam oleh perseroan melalui anak usahanya PT Era Usaha Pratama Nusantara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kawasan industri, akr corporindo

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top