Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BIA 2019 : Sona Topas Emiten Terbaik Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi

PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. menerima penghargaan Bisnis Indonesia Award 2019 untuk kategori emiten terbaik sektor perdagangan, jasa, dan investasi.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. menerima penghargaan Bisnis Indonesia Award 2019 untuk kategori emiten terbaik sektor perdagangan, jasa, dan investasi.

Penghargaan itu diserahkan kepada perseroan oleh Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto di Rafless Hotel Jakarta, Jumat (12/7/2019) malam.

Setelah membalikkan posisi kerugian Rp15 miliar pada 2016 menjadi laba bersih Rp54 miliar pada 2017, Sona Topas Tourism Industry mampu melanjutkan kinerja positif pada 2018.

Pada 2018, emiten bersandi saham SONA itu membukukan pendapatan Rp1,97 triliun atau naik 25% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dari situ, laba bersih bersih yang dikantongi tumbuh 128% secara tahunan dari Rp54 miliar pada 2017 menjadi Rp124 miliar.

Pertumbuhan itu ditopang dari naiknya pendapatan dari toko bebas bea 24% secara tahunan menjadi Rp1,78 triliun. SONA terus merespons perkembangan pasar khususnya kenaikan kunjungan wisatawan dari China untuk mengerek pendapatan.

Per akhir Desember 2018, perseroan memiliki jumlah aset Rp1,25 triliun atau naik 10% secara tahunan. Jumlah itu terdiri atas aset lancar Rp998 miliar dan aset tidak lancar Rp253 miliar.

Emiten yang mengawali perjalanan bisnisnya sebagai biro perjalanan wisata itu kini telah melebarkan sayapnya ke pengoperasian toko bebas bea atau duty free. Usaha ritel itu dijalankan melalui anak usaha PT Inti Dufree Promosindo (IDP) dan PT Arthamulia Indah (AMI).

Adapun, penjualan dari segmen toko bebas bea menjadi kontributor terbesar pendapatan disusul oleh segmen toko ritel dan perjalanan pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper