Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentimen OPEC, Harga Minyak Diperkirakan Memanas

Harga minyak diperkirakan melanjutkan penguatan seiring dengan rencana OPEC memperpanjang pengurangan produksi dari negara anggota.
Kilang Minyak/Bloomberg
Kilang Minyak/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Harga minyak diperkirakan melanjutkan penguatan seiring dengan rencana OPEC memperpanjang pengurangan produksi dari negara anggota.

Pada perdagangan Senin (10/6/2019) pukul 9:00 WIB, harga minyak WTI kontrak Juli 2019 naik 0,38 poin atau 0,7% menjadi US$54,27 per barel. Dalam waktu yang sama, harga minyak Brent kontrak Agustus 2019 meningkat 0,39 poin atau 0,62% menuju US$63,68 per barel.

Dalam publikasi risetnya, tim analis Valbury Asia Futures menyampaikan, harga minyak memanas 3% akhir pekan lalu karena Arab Saudi menyatakan OPEC akan menyetujui perpanjangan perjanjian pengurangan produksi yang habis masanya pada Juni 2019.

Hal itu disampaikan Menteri Energi Saudi Khalid Al-Falih saat konferensi pers di Rusia. Sebelumnya, OPEC berjanji mengurangi produksi sebesar 1,2 juta barel per hari (bph).

Pasokan juga dibatasi oleh sanksi AS terhadap ekspor minyak dari Venezuela dan Iran. AS juga mengurangi jumlah rig pada pekan lalu ke level terendah sejak Februari 2018.

Namun demikian, sentimen perang dagang dan perlambatan ekonomi global akan mengendurkan permintaan minyak. Terkini, Commerzbank merevisi proyeksi harga Brent pada kuartal III/2019 menjadi US$66 per barel dari estimasi sebelumnya US$73 per barel.

Menurut Valbury, minyak WTI mendapat rekomendasi beli di harga US$53,55 per barel dengan target US$54,85—US$55,55 per barel. Stop loss di posisi US$52,55 per barel.

Support: US$53, US$51,96, US$51,31
Resistan : US$54,69, US$55,34, US$56,38

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper