Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-Gara Cuitan Trump, Harga Minyak Jatuh Lebih dari 2 Persen

Harga minyak dunia merosot tajam lebih dari 2% pada perdagangan Senin (6/5/2019).
Prediksi Harga Minyak WTI/Reuters
Prediksi Harga Minyak WTI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak dunia merosot tajam lebih dari 2% pada perdagangan Senin (6/5/2019).

Mengacu data Bloomberg,hingga pukul 09.35 WIB, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) melemah 2,32% atau 1,44 poin ke level US$60,50 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah Brent turun 2,09% atau 1,48 poin ke level US$69,37 per barel.

Penurunan ini terjadi usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Minggu (5/5/2019), mengatakan akan menaikkan tarif barang-barang China minggu ini secara tajam. Hal itu berisiko mengubah pembicaraan perdagangan kedua raksasa ekonomi terbesar dunia tersebut.

Minggu (5/5/2019), Trump lewat akun Twitter-nya mengatakan, dia akan menaikkan tarif AS untuk barang-barang China pekan ini secara drastis. Pernyataan Trump ini lantas menarik turun pasar keuangan global, termasuk minyak mentah berjangka.

The Wall Street Journal melaporkan, Beijing tengah mempertimbangkan untuk membatalkan semua pembicaraan perdagangan dengan Washington.

“Trump telah mengambil palu godam yang menjadi pepatah untuk [menghancurkan] kenari pagi ini..., dengan mengancam akan menampar tarif 25% pada US$525 miliar terhadap barang-barang China, yang membingungkan, paling lambat Jumat ini,” kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di pialang berjangka OANDA di Singapura, dikutip dari Reuters, Senin (6/5/2019).  

Di dalam industri minyak, ada tanda-tanda kenaikan lebih lanjut dalam produksi minyak AS. Hal itu terlihat dari produksi minyak mentah AS yang melonjak lebih dari 2 juta barel per hari sejak awal 2018 ke rekor 12,3 juta bph. Kondisi tersebut  membuat AS menjadi produsen terbesar di dunia di atas Rusia dan Arab Saudi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper