Semester I, Ace Hardware (ACES) Bakal Buka 8 Gerai

Emiten peritel, PT Ace Hardware Indonesia Tbk. berencana membuka delapan gerai baru pada paruh pertama tahun ini.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 18 April 2019  |  09:12 WIB
Semester I, Ace Hardware (ACES) Bakal Buka 8 Gerai
Ace Hardware. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten peritel, PT Ace Hardware Indonesia Tbk. berencana membuka delapan gerai baru pada paruh pertama tahun ini.

Helen R. Tanzil Vice President Investor Relation mengungkapkan bahwa realisasi pembukaan gerai baru pada kuartal I/2019 mencapai 3 gerai yang berada di Pondok Gede, Batam dan Madiun. Dia menambahkan, pembukaan gerai baru pada kuartal II/2019  sekitar 4 unit—5 unit.

Pembukaan gerai-gerai baru bertujuan untuk meningkatkan penjualan menjelang Lebaran. Menurutnya, penjualan sebelum Lebaran biasanya lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. 

"Rencana pembukaan gerai baru tahun ini seluruhnya sekitar 20-25 gerai. Kuartal I, jumlah gerai yang dibuka sudah 3 gerai. Pada kuartal II bakal sekitar 4-5 gerai," ungkapnya kepada Bisnis.com, Rabu (17/4/2019).

Helen menuturkan, penjualan pada kuartal I/2019 lebih rendah dibandingkan dengan kuartal I/2018. Menurutnya, penjualan pada kuartal I/2019 lebih rendah karena pertumbuhan penjualan pada awal kuartal 2018 cukup tinggi. 

Penjualan yang dibukukan pada kuartal I/2018 senilai Rp1,55 triliun, naik 21% year on year. Untuk meningkatkan penjualan maka emiten bersandi saham ACES berencana melakukan boom sale dan promo bertema Ramadan dan promo Lebaran. Dia mengatakan, tenor promo dilakukan selama 1 bulan. 

Pada tahun ini, ACES berencana untuk mengalokasikan belanja modal (capex) senilai Rp400 miliar. Dana tersebut akan diambil dari kas internal dan akan digunakan untuk membuka sejumlah gerai.

Pada tahun ini, ACES memproyeksikan pertumbuhan penjualan dan laba masing-masing sebesar 15%. Helen sebelumnya menuturkan, ACES menargetkan pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko (same store sales growth/SSSG)  dapat tumbuh 6% pada tahun ini.

Di sisi lain, rencana ekspansi ACES untuk membuka gerai baru pada tahun ini memang terhitung sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab, pada 2018, ACES telah cukup ekspansif dengan membuka sebanyak 33 gerai dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 17 gerai, yang membuat kinerja keuangan perseroan menjadi lebih baik. 

Dalam laporan keuangan 2018, nilai penjualan yang dikantongi oleh ACES mencapai Rp7,23 triliun, naik 21,9% dari posisi Rp5,93 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada 2018 senilai Rp964,55 miliar, naik 24% dari posisi Rp777,72 miliar pada 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kinerja emiten, ace hardware

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup