Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Michelin Resmi Beli Saham Multistrada Arah Sarana (MASA)

Pabrikan ban asal Prancis, Michelin resmi membeli 8,04 miliar saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk. lewat transaksi di BEI senilai Rp6,78 triliun pada Rabu (6/3/2019).
Michelin/Reuters-Alessandro Bianchi
Michelin/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, JAKARTA — Pabrikan ban asal Prancis, Michelin resmi membeli 8,04 miliar saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk. lewat transaksi di BEI senilai Rp6,78 triliun pada Rabu (6/3/2019).

Berdasarkan data Bloomberg, transaksi itu dilakukan melalui Trimegah Sekuritas. Adapun pemegang saham lama melepas saham MASA melalui 3 sekuritas, yakni Buana Capital, Net Sekuritas dan Sekuritas Indo Pasific masing-masing dengan transaksi senilai Rp3,84 triliun, Rp2,17 triliun, dan Rp969 miliar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Michelin mengakuisisi 80% saham Multistrada Arah Sarana senilai US$439 juta. Selain mengakuisisi MASA, Michelin juga mengakuisisi 20% kepemilikan pada PT Penta Artha Impressi dan 50 hektare lahan.

Pieter menyampaikan Michelin telah sejak 2017 memesan langsung ban motor pada Multistrada. Setelah kerja sama tersebut, Michelin menyatakan ketertarikan dan memberikan harga penawaran premium.

Dia meyakini pangsa pasar MASA setelah diakuisisi berpotensi tumbuh. Saat ini, pangsa pasar MASA pada ban mobil berada pada kisaran 11%, ban motor sekitar 9%—10%, tetapi porsi pangsa pada ban truk masih cukup kecil.

Adapun, setelah Michelin mengakuisisi 80% saham MASA, sisa saham dimiliki oleh PT Central Sole Agency, Lunar Crescent International Inc, porsi kepemilikannya di bawah 5% dan tidak dikenai kewajiban mengungkap identitasnya kepada publik.

Selanjutnya, Michelin diwajibkan melakukan penawaran umum (tender offer) saham milik publik dengan harga sama yang ditawarkan kepada 80% pemegang saham Michelin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper