Jangan Sampai Terlewat, Hari Ini Terakhir Penawaran ST-003

Bagi para investor, sekadar mengingatkan, hari ini adalah hari terakhir batas penawaran Sukuk Tabungan seri ST-003. 
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  09:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi para investor, sekadar mengingatkan, hari ini adalah hari terakhir batas penawaran Sukuk Tabungan seri ST-003. 

Kementerian Keuangan mengimbau kepada calon investor yang tertarik dengan penawaran tersebut untuk segera merealisasikannya. Sebab, melalui investasi ST-003 secara tidak langsung para investor juga memiliki kesempatan untuk membantu negara dalam membiayai pembangunan.

"Hari ini adalah batas akhir masa penawaran ST-003.Mari jadi pahlawan bagi negara kita dan berikan saudara kita kesempatan hidup yg lebih baik," tulis Kemenkeu melalui akun resminya, Rabu (20/2/2019).

Sukuk Tabungan ST-003 adalah produk investasi syariah terbaru dari Pemerintah yang dapat dibeli secara online mulai dari Rp1 juta. ST-003 memiliki tenor 2 tahun dan tingkat imbalan/kupon mengambang sebesar minimal 8,15% per tahun (floating with floor). 

Pemerintah pemerintah menyebut ada 8 keuntungan berinvestasi pada ST-003 ini. Apa saja keuntungan itu, yuk disimak.

Pertama, pokok dan imbalan dijamin negara. Kedua, tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN. 

Ketiga, imbalan bersifat mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal (floor) sebesar 8,15% pertahun.

Keempat, imbalan dibayar tiap bulan.  Kelima, early redemption cost tidak dikenakan biaya oleh pemerintah. Keenam, adanya kemudahan akses transaksi melalui sistem elektronik (online). 

Ketujuh, para investor secara langsung mendukung pembiayaan pembangunan nasional. Terakhir atau kedelapan, sesuai prinsip syariah.

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

ST-003 dapat diperoleh dengan menghubungi 13 Mitra Distribusi berikut ini Bank Mandiri, Mandiri Syariah, BRI, BRI Syariah, BNI, BCA, BTN, Bank Permata, Trimegah, Bareksa, Investree, Modalku dan Tanamduit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sukuk

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top