Pemerintah Terbitkan Sukuk Global US$2 Miliar

Pemerintah Indonesia kembali menerbitkan sukuk global dengan total nilai US$2 miliar, terdiri atas instrumen green sukuk tenor 5,5 tahun  dan sukuk tenor 10 tahun dengan kupon masing-masing 3,90% dan 4,45%.
Emanuel B. Caesario | 13 Februari 2019 20:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia kembali menerbitkan sukuk global dengan total nilai US$2 miliar, terdiri atas instrumen green sukuk tenor 5,5 tahun  dan sukuk tenor 10 tahun dengan kupon masing-masing 3,90% dan 4,45%.

Berdasarkan informasi Bank Maybank Indonesia, besaran penerbitan untuk masing-masing instrumen yakni US%750 juta untuk sukuk berwawasan lingkungan 5,5 tahun dan US$1,25 miliar sukuk konvensional 10 tahun. Yield yang diberikan cukup premium di atas US Treasury.

Anup Kumar, Senior Fixed Income Analyst Bank Maybank Indonesia, mengatakan bahwa meskipun penetapan harga agak ketat, spread kredit tidak terlalu berlebihan dibandingkan penilaian historis. Kupon masing-masing seri lebih ketat masing-masing 30 bps dan 25 bps dibandingkan IPG yang sebesar 4,20%  dan  4,70%.

Harga sukuk baru ini sedikit ketat dibandingkan dengan kurva INDOIS yang ada, tetapi merupakan cerminan dari permintaan investor yang kuat karena fundamental makro Indonesia stabil.

“Kami memperkirakan bahwa Indonesia telah mendapatkan 26% dari kebutuhan pendanaannya pada tahun 2019, dan akan mencapai 40% pada akhir kuartal I/2019. Strategi pendanaan konservatif dengan pasokan front-loading akan berarti risiko pendanaan yang lebih rendah di masa depan,” katanya.

Tag : sukuk global
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top