Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bursa Eropa Menguat Jelang Serangkaian Agenda Penting Ini

Bursa saham Eropa berhasil menguat pada perdagangan Selasa (29/1/2019), menjelang serangkaian agenda penting seperti keputusan kebijakan moneter Federal Reserve Amerika Serikat (AS) dan diskusi perdagangan AS-China.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  06:39 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa berhasil menguat pada perdagangan Selasa (29/1/2019), menjelang serangkaian agenda penting seperti keputusan kebijakan moneter Federal Reserve Amerika Serikat (AS) dan diskusi perdagangan AS-China.

Berdasarkan data Reuters, indeks Stoxx 600 Eropa ditutup menguat 0,8%, sedangkan indeks FTSE 100 London menanjak lebih dari 1,3% menjelang voting di Parlemen Inggris mengenai Brexit.

Kenaikan tampak pada sebagian besar sektor dan bursa di Eropa, tetapi investor menghindari saham atau indeks yang terpapar pada perdagangan AS-China, seperti DAX Frankfurt, yang membatasi kenaikannya menjadi 0,1% atau pun sektor otomotif, yang akhirnya turun 0,5%.

Kabar bahwa Amerika Serikat melancarkan dakwaan pidana terhadap Huawei Technologies sebelum putaran baru perundingan antara pemerintah AS dan China menambah sentimen negatif.

Namun sentimen yang mendukung di Eropa lebih baik daripada di Wall Street di mana indeks saham utamanya sedikit memerah.

Stéphane Barbier de la Serre, pakar strategi di Makor Capital Markets, mengatakan pasar Eropa telah mengejar ketertinggalannya dan pertemuan kebijakan moneter The Fed pada Rabu akan membuat investor di AS lebih berhati-hati.

“Mari kita tunggu [hasil pertemuan] The Fed,” ujarnya, seperti dilansir Reuters. Hasil pertemuan The Fed dijadwalkan rilis pada Rabu (30/1) atau Kamis dini hari WIB.

Sektor teknologi Eropa, yang turun 0,5%, menjadi di antara sektor yang sedikit membukukan penurunan, dengan aham SAP, perusahaan teknologi paling bernilai di Eropa, turun 2,7%.

Saham teknologi di AS juga melemah menantikan laporan kinerja Apple setelah penutupan pasar saham AS. Saham teknologi lainnya yakni Amazon.com, Facebook dan Microsoft, dijadwalkan akan merilis laporannya pekan ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top