Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja Indeks Bisnis-27 Diperkirakan Terus Menguat

Kinerja Indeks Bisnis-27 berpotensi akan terus menguat sepanjang bulan Februari mendatang, setelah sepanjang awal tahun hingga Jumat (25/1/2019) lalu ini tumbuh 4,05% ytd.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 27 Januari 2019  |  15:01 WIB
Karyawan melintas di dekat papan penunjuk pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (16/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Karyawan melintas di dekat papan penunjuk pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (16/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA—Kinerja Indeks Bisnis-27 berpotensi akan terus menguat sepanjang bulan Februari mendatang, setelah sepanjang awal tahun hingga Jumat (25/1/2019) lalu ini tumbuh 4,05% ytd.

Anida ul Masruroh, Analis Bisnis Indonesia Resources Center, mengatakan bahwa kinerja Indeks Bisnis-27 berpotensi melanjutkan penguatan seiring dengan meredanya tensi perang dagang AS dengan China.

Selain itu, sentimen positif lainnya yakni sikap The Fed yang akan menunda pengetatan moneter (dovish) dan lebih berhati-hati dalam mengamati perkembangan data-data ekonomi AS serta stabilisasi dolar AS.

“Diperkirakan pada 2019 ini, pasar modal di emerging market akan kembali diminati investor tentunnya dengan tawaran return yang lebih menarik,” katanya dalam risetnya, Minggu (27/1/2019).

Sementara itu, risiko yang masih akan membayangi laju Indeks Bisnis-27 terkait government shutdown parsial di AS, perseteruan antara Jerome Powell Chair of Federal Reserve dengan Presiden Trump, serta menguatnya risiko no deal Brexit setelah PM Theresa May gagal atas persetujuan parlemen atas draft perjanjian Brexit yang diajukan.

Untuk faktor domestik, nilai tukar rupiah yang terpantau lebih stabil mendorong laju Indeks Bisnis-27.

Selain itu, jelang Pilpres yang kerap kali meramaikan sentimen di bursa juga diperkirakan akan terus mengungkit performa Indeks Bisnis-27 dengan catatan gaduh politik masih bisa dikontrol dengan baik oleh semua pihak.

Indeks Bisnis-27 hari ini, Minggu (27/1/2019) merayakan 10 tahun peluncurannya. Sepanjang 10 tahun terakhir, indeks ini sudah tumbuh 373% . Per Jumat pekan lalu, Indeks Bisnis-27 ditutup di level 576,16.

Kendati kinerjanya masih sedikit di bahwa kinerja IHSG yang tumbuh 386%, tetapi Indeks Bisnis-27 masih mengungguli kinerja indeks sejawatnya, seperti LQ45 dan Sri Kehati yang tumbuh masing-masing 289% dan 246% dalam satu dekade terakhir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG indeks bisnis27
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top