RISE Tingkatkan Modal Anak Usaha

Emiten properti PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. melakukan peningkatan penyertaan modal pada anak usahanya, yakni PT Global Wisata Paradise atau GWP.
Emanuel B. Caesario | 27 Juli 2018 11:13 WIB
Direktur Utama PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE) Belinda Natalia memberikan penjelasan mengenai kinerja perusahaan seusai pencatatan perdana saham PT RISE di Jakarta, Senin (9/7/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. melakukan peningkatan penyertaan modal pada anak usahanya, yakni PT Global Wisata Paradise atau GWP.

Transaksi peningkatan penyertaan modal telah dilakukan pada Rabu (25/7/2018) lalu melalui penandatanganan keputusan pemegang saham sebagaimana telah diaktakan melalui Akta Pernyataan Keputusan Para Pemegang Saham di Luar Rapat Umum Pemegang Saham GWP.

Akta tersebut bernomor 20 tanggal 25-7-2018, yang dibuat di hadapan Happy Herrawati Chandra selaku notaris di Sidoarjo, Jawa TImur. Agendanya yakni peningkatan modal ditempatkan dan disetor GWP sebanyak 77 juta saham.

Emiten dengan kode saham RISE ini mengambil bagian sebesar 493 juta saham atau setara 99,99% dari total saham GWP. Setelah transaksi, penyertaan saham RISE pada GWP meningkat dari semula Rp416 miliar menjadi Rp493 miliar dengan persentase kepemilikan tetap 99,99%.

Selanjutnya, dana dari peningkatan modal tersebut digunakan oleh GWP untuk meningkatkan penyertaan saham GWP pada PT Tanrise Indonesia (TI). Hal itu sebagaimana telah diaktakan melalui Akta Pernyataan Keputusan Para Pemegang Saham di Luar Rapat Umum Pemegang Saham TI.

Akta tersebut bernomor 21 tanggal 25-7-2018, yang dibuar di hadapan Happy Herrawati Chandra selaku notaris di Sidoarjo, Jawa TImur. Agendanya yakni peningkatan modal ditempatkan dan disetor TI sebanyak 200.000 saham.

GWP mengambil bagian sebanyak 773.080n saham atau 77% atas total saham TI. Setelah peningkatan modal saham tersebut dilaksanakan, maka penyertaan saham GWP dalam TI akan meningkat dari semula Rp309,5 miliar menjadi Rp386,5 miliar.

“Transaksi peningkatan modal ini akan memberikan dampak yang positif bagi usaha perseroan di masa yang akan datang, dan pada akhirnya akan menambah nilai perseroan bagi para pemegang saham perseroan,” tulis managemen RISE dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (27/7/2018).

RISE baru listing di BEI pada awal bulan ini, tepatnya pada 9 Juli 2018. Perseroan melepas 1,5 miliar saham pada publik dengan harga Rp163. Dana yang terserap mencapai Rp244,5 miliar.

Dana IPO memang ditujukan untuk pengembangan proyek di bawah bendera Tanrise Property. Sebesar 53% dana IPO dialokasikan untuk pengembangan proyek Voza Premium Office dan sebesar 47% untuk proyek The 100 Residence.

Pagi ini, saham RISE dibuka di level harga Rp490. Level harga ini sudah meningkat 201% dari harga perdana IPO.

Tag : kinerja emiten
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top