Impor Minyak Sawit India Meningkat

Impor minyak kelapa sawit India diprediksi meningkat terimbas kolaborasi penurunan harga dan peningkatan permintaan pada musim panas.
Mutiara Nabila | 16 April 2018 18:27 WIB
Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Impor minyak kelapa sawit India diprediksi meningkat terimbas kolaborasi penurunan harga dan peningkatan permintaan pada musim panas.

Dari median data survei Bloomberg pada Senin (16/4/2018) menunjukkan bahwa transaksi yang dilakukan India selaku pembeli terbesar di dunia naik hingga 18% ke angka 805.000 metrik ton dalam setahun terakhir.

Dari hasil survei yang sama menunjukkan, total impor minyak nabati meningkat 4,5% menjadi 1,16 juta ton. Asosiasi The Solven Extractor di India berharap dapat merilis data perdagangan bulanannya pada pekan depan.

Veeresh Hiremath, kepala badan riset di Hyderabad, India, mengatakan bahwa berdasarkan data Karvy Comtrade, harga minyak kelapa sawit sempat anjlok hingga 5% pada bulan lalu setelah India meningkatkan bea masuk sehingga pembelian dari luar negeri meningkat.

Berdasarkan data lembaga survei Malaysia SGS Malaysia Sdn, tercatat pengiriman minyak kelapa sawit dari Malaysia ke India meningkat hingga lebih dari dua kali lipat pada Maret dibandingkan dengan pengiriman di waktu yang sama setahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kelapa sawit, harga cpo

Sumber : Bloomberg
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top