Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soechi Lines (SOCI) Siapkan US$50 Juta untuk Akuisisi Kapal

Emiten kapal pengangkut bahan bakar minyak PT Soechi Lines Tbk. menyiapkan anggaran US$30 juta - US$50 juta untuk melakukan akuisisi kapal tanker sepanjang tahun ini. Perseroan menempuh belanja kapal saat ada order tertentu dari klien.
Ilustrasi/soechi.com
Ilustrasi/soechi.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten kapal pengangkut bahan bakar minyak PT Soechi Lines Tbk. menyiapkan anggaran US$30 juta - US$50 juta untuk melakukan akuisisi kapal tanker sepanjang tahun ini. Perseroan menempuh belanja kapal saat ada order tertentu dari klien.

Sebagai perusahaan jasa angkutan dan pelayaran, Soechi Lines biasanya mendapatkan order jasa tertentu sehingga harus membeli atau mengakuisisi kapal. Selain dari permintaan konsumen, akuisisi kapal juga mempertimbangkan harga di level internasional.

Corporate Secretary PT Soechi Lines Tbk. Paula Marlina menyampaikan dengan menyiapkan alokasi akuisisi kapal sebesar US$30 juta—US$50 juta, perseroan siap membeli kapal bermacam-macam ukuran sesuai dengan pesanan konsumen.

“Tahun ini masih akan ada permintaan kapal tanker. Saat ini utilisasi kapal perseroan stabil di 80%-an. Karena kami mengangkut oil dan gas, bisnis dipengaruhi dengan konsumsi komoditas itu, makanya biasanya utilisasinya stabil,” jelas Paula di Jakarta akhir pekan lalu.

Saat ini, SOCI memiliki total 39 kapal tanker untuk bisnis shipping dengan utlisasi pada 2018 diharapkan dapat berada di sekitar 85%—90%. Perusahaan memang tidak mengoperasikan seluruh kapalnya secara bersamaan karena beberapa kapal harus diremajakan (docking repair).

Adapun, bisnis shipping Soechi berkontribusi hingga 80% pada pendapatan perseroan, sedangkan komposisi sisanya disumbang oleh bisnis galangan kapal. SOCI menargetkan EBITDA pada tahun ini dapat stabil seperti capaian tahun 2017 yang diprediksi sebesar US$60 juta.

Paula menyampaikan perusahaan menetapkan target pendapatan konservatif untuk 2018 karena proses pembangunan kapal untuk bisnis galangan belum sepenuhnya selsai sehingga kontribusinya untuk perusahaan masih sedikit.

“Bisnis shipping bisa berkontribusi 70%—80% pada revenue, tapi untuk shipyard masih kecil sehingga secara konsolidasi akan masih stabil di tahun ini,” ungkap Paula.

Emiten dengan kode saham SOCI tersebut biasanya memegang kontrak on hand per periode sebesar US$200juta untuk jasa shipping. Untuk pelayanan shipyard, Soechi Lines saat ini tengah merampungkan 3 dari 7 pembangunan kapal dengan sisa kontrak yang belum diluncurkan sekitar US$20 juta.

Sejak 2016 lalu, Soechi Lines mengerjakan pembangunan kapal untuk lini bisnis pelayanan kapal. Hingga akhir tahun 2017, total empat kapal telah selesai dibangun dan tiga sisanya diharapkan dapat selesai pada tahun ini.

Laporan keuangan perusahana menunjukkan pendapatan neto SOCI periode sembilan bulan yang berakhir per 30 September 2017 yaitu sebesar US$100,85 juta, meningkat sekitar 5,5% dari capaian periode sama tahun lalu sebesar US$95,54 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper