Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TMPI Akuisisi 65% Saham PT Inexco Jaya Makmur

PT Sigmagold Inti Perkasa Tbk. bakal menguasai 65% saham PT Inexco Jaya Makmur melalui anak perusahaannya PT Agis Resources.
Tambang Emas Pongkor/Antara
Tambang Emas Pongkor/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sigmagold Inti Perkasa Tbk. bakal menguasai 65% saham PT Inexco Jaya Makmur melalui anak perusahaannya PT Agis Resources.

Direktur Utama PT Sigmagold Inti Perkasa Tbk. Adriano Wolfgang Pietruschka mengungkapkan penandatanganan perjanjian jual beli saham (sales purchase agreement/SPA) dilakukan pada 28 November 2017.

Berdasarkan perjanjian tersebut, sebanyak 65% saham PT Inexco Jaya Makmur akan diakuisisi oleh PT Agis Resources yang merupakan anak usaha perseroan berkode saham TMPI ini.

PT Indexco Jaya Makmur merupakan perusahaan yang memiliki tambang emas seluas 2.500 hektare di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat.

“Proses akuisisi dapat diselesaikan seiring dengan dikeluarkannya izin usaha pertambangan operasi produksi pada konsesi tambang emas yang menjadi target perseroan tersebut oleh Gubernur Sumatra Barat,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (5/12/2017).

Sementara itu, TMPI memutuskan untuk mengembalikan tambang PT Inti Bumi Sejahtera Mandiri kepada pemilik awal. Pasalnya, kendala-kendala di lapangan menyebabkan tambang tersebut hingga saat ini masih belum dapat dioperasionalkan.

Menurut Alex, PT Inexco Jaya Makmur dan PT Inti Bumi Sejahtera Mandiri dimiliki oleh pihak yang sama. Oleh karena itu, pembayaran yang telah dilakukan perseroan pada tambang PT Inti Bumi Sejahtera Mandiri dapat dialihkan sebagai pembayaran atas akuisisi tambang PT Inexco Jaya Makmur.

“Hal ini tentunya mengurangi biaya modal yang harus dikeluarkan oleh perseroan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper