Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Incar Saham Teknologi Jelang Rilis iPhone Terbaru, Indeks Nikkei Menguat

Indeks Nikkei 225 ditutup menguat 1,18% atau 230,85 ke level 19.776,62, sedangkan indeks Topix ditutup naik 0,984% atau 15,19 poin ke posisi 1.627,45.
Bursa Jepang./Ilustrasi-Bloomberg
Bursa Jepang./Ilustrasi-Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang ditutup menguat pada perdagangan Selasa (12/9/2017) menguat setelah yen menelah, yang memacu minat investor terhadap saham teknologi menjelang peluncuran produk iPhone milik Apple Inc yang dijadwalkan dirilis hari ini.

Indeks Nikkei 225 ditutup menguat 1,18% atau 230,85 ke level 19.776,62, sedangkan indeks Topix ditutup naik 0,984% atau 15,19  poin ke posisi 1.627,45.

Sementara itu, nilai tukar yen Jepang terpantau menguat 0,18% atau 0,2 poin ke level 109,59 yen per dolar AS pada pukul 12.19 WIB.

Produsen elektronik termasuk pemasok komponen Apple seperti Nidec Corp dan TDK Corp. memberikan kontribusi paling besar terhadap kenaikan bursa Jepang..

Sektor produsen elektronik menguat 1,2%, ditopang oleh saham Fanuc Corp yang naik 2,4% dan Nidec (+2,8%). Adapun saham Sony melemah 1,2%.

Seperti  dilansir Reuters, yen melemah terhadap dolar AS karena kekhawatiran Korut mereda, yang membantu mengirim bursa AS ke ke rekor tertinggi.

Sementara itu, Apple diperkirakan akan mengenalkan tiga iPhone terbarunya dalam perhelatan hari Selasa, yang menandai ulang tahun ke 10 perangkat ikonik tersebut.

"Jika produk baru Apple diterima dengan baik oleh pasar, bursa saham AS akan menyentuh rekor tertinggi baru baru," ujar Toshio Sumitani, analis Tokai Tokyo Research Institute Co, seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui sanksi baru kepada Korea Utara atas uji coba rudal dan nuklirnya, meskipun AS menolak tuntutan utama seperti embargo minyak penuh untuk mendapatkan dukungan dari Rusia dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper