Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OSO Sekuritas: IHSG Lanjutkan Penguatan, Ini Rekomendasi Sahamnya

IHSG pada perdagangan bursa saham hari ini, Jumat 21 Juli 2017 diperkirakan akan bergerak di kisaran 5,801-5856,dan akan kembali melanjutkan penguatan.
Karyawan mengamati pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG), di Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Muhammad Adimaja
Karyawan mengamati pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG), di Jakarta, Senin (8/5)./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG pada perdagangan bursa saham hari ini, Jumat 21 Juli 2017 diperkirakan akan bergerak di kisaran 5,801-5856,dan akan kembali melanjutkan penguatan.

Setelah sebelumnya ditutup dalam zona merah, akhir perdagangan kemarin (20/07) IHSG ditutup menguat 0.32% ke level 5,825.20. Mayoritas indeks sektoral ditutup pada teritori positif, penguatan tertinggi dipimpin oleh sektor aneka industri yang naik 0.76% diikuti oleh sektor konsumsi yang menguat 0.63%. Sementara itu, sektor industri dasar dan perdagangan masing-masing melemah 0.22% dan 0.12%. Adapun beberapa saham yang menjadi penggerak indeks kemarin yaitu : UNVR, BMRI, ASII dan TLKM.

Setimen positif pada perdagangan kemarin yaitu pemeringkat efek Fitch kembali memberikan Indonesia pada level layak Investasi. Fitch juga memberikan pernyataan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia berada pada level BBB/positif outlook, Hal ini dikarenakan utang pemerintah Indonesia yang tergolong masih cukup rendah dibanding beberapa negara Asia lainnya. Pernyataan tersebut menguatkan optimisme pelaku pasar mengenai keadaan fundamental Indonesia yang cukup stabil.

Sementara itu, investor Asing masih kembali melanjutkan aksi jual, netsell asing tercatat sebesar Rp.749,08 miliar. Adapun nilai tukar rupiah terdepresiasi sebesar 0.09% ke level Rp. 13.333 terhadap US Dollar.

Dari pasar global, mayoritas indeks utama bursa Wall Street ditutup mixed dengan kecenderungan melemah pada akhir perdagangan semalam (20/07). Indeks Dow Jones turun 0.13% ke level 21,611.78, S&P 500 melemah 0.02% ke level 2,473.45, dan Nasdaq naik tipis 0.08% ke level 6,390.

Pelemahan yang terjadi seiring dengan penurunan beberapa saham ritel yang menjual peralatan rumah pasca kesepakatan emiten Sears (SHLD.O) untuk menjual peralatan rumah ke Amazon (AMZN.O). Home Depot (HD.N) turun 4,1, Lowes (LOW.N) dan Best Buy (BBY.N), serta produsen alat Whirlpool ( WHR.N), turun antara 3,9 sampai 5,6%.

Saat ini pelaku pasar masih terus memperhatikan tanda-tanda bisnis dari Wahington. Adapun pengumuman Gedung Putih bahwa mereka telah menarik atau menghapus lebih dari 800 peraturan yang diusulkan dan tidak pernah selesai selama pemerintahan Obama, nampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar.

Beberapa data ekonomi AS yang semalam rilis yaitu data intial jobless Claim AS per 15 Juli turun 15.000 menjadi 233.000 dan Leading Index AS bulan Juni yang tumbuh 0.6% dari bulan sebelumnya 0.3%

Kami perkrirakan hari ini IHSG akan kembali melanjutkan penguatan. Secara teknikal Stochastic berpotensi golden cross, RSI dan MACD bergerak positif. Kami perkirakan IHSG akan bergerak dikisaran 5,801-5856.

BEST: Harga di dalam Medium trend bergerak Uptrend. Volume meningkat tipis dan Stochastic bergerak positif. Harga berpeluang melanjutkan penguatan ke Resistance terdekat.
Recommendation : Buy, Target Price :336, Support : 324, Cutloss : 322

FPNI: Harga di dalam Medium trend bergerak Sideways. Harga membentuk pola Falling wedge dengan Volume meningkat tipis dan Stochastic bergerak positif. Harga berpeluang melanjutkan penguatan ke Resistance terdekat. Recommendation : Buy, Target Price : 348, Support :326, Cutloss : 324

LSIP: Harga di dalam Medium trend bergerak Sideways. Volume meningkat tipis dan Stochastic berpeluang Golden cross. Harga berpeluang melanjutkan penguatan ke Resistance terdekat.
Recommendation : Buy, Target Price : 1.440. Support : 1.415, Cutloss : 1.410

SSIA: Harga di dalam Medium trend bergerak Sideways. Terjadi pada harga false break down di support terdekat. Volume meningkat tipis dan Stochastic bergerak positif. Harga berpeluang melanjutkan penguatan ke Resistance terdekat. Recommendation : Buy Target Price : 3.150 Support :3.040 Cutloss : 3.035

AISA: Harga di dalam Medium trend bergerak Sideways. Volume meningkat signifikan dan Stochastic berpeluang Golden cross. Harga berpotensi melanjutkan penguatan ke Resistance terdekat. Recommendation : Buy Target Price : 700 Support : 670 Cutloss : 665

WIKA: Harga di dalam Medium trend bergerak Downtrend. Volume meningkat signifikan dan Stochastic bergerak di area Oversold. Harga berpeluang rebound ke Resistance terdekat. Recommendation : Buy Target Price :2.060 Support : 2.000 Cutloss : 1.995

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper