Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPIA Rights Issue pada September

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. atau TPIA merencanakan penambahan modal modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih daulu (HMETD/Rights Issue) untuk menggalang dana internal.

Bisnis.com, JAKARTA- PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. atau TPIA merencanakan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih daulu (HMETD/rights issue) untuk menggalang dana internal.

Rencananya, dana tersebut didayagunakan bagi belanja modal perseroan. “Kami perkirakan bisa efektif September, ada sekitar 280 juta lembar saham,” katanya, Selasa (2/5/2017).

Perusahaan tengah menyusun rencana jangka menengah untuk menambah kapasitas produksi dan diversifikasi portofolio produk. Penambahan modal dengan memberikan HMETD tersebut juga dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu minimum 7,5% dari jumlah saham dalam modal disetor dimiliki oleh pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham utama.

Terkait dengan ekspansi, TPIA akan membangun satu kompleks pabrik yang akan memproduksi nafta cracker. Pabrik itu akan dibesut anak usaha baru PT Chandra Asri Perkasa.

CAP menguasai 99% kepemilikan Chandra Asri Perkasa. Sisa 1%, lanjutnya, merupakan kepemilikan anak usaha CAP yakni PT Styrene Monomer Indonesia (SMI).

Pembangunan pabrik cracker yang menempati luas lahan 100 hektare di lingkungan pabrik eksisting saat ini di Cilegon, Banten itu diperkirakan menelan investasi sebesar US$5 miliar. Pada tahap awal, CAP bakal menggelontorkan dana sebesar US$1,95 miliar.

“Tahap kedua akan dibangun untuk produksi produk turunan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Achmad Aris
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper