Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja 2016: Laba Bersih Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Naik

Pendapatan yang dibukukan oleh dua emiten pulp dan kertas Grup Sinarmas susut sepanjang tahun lalu. Kendati begitu, laba bersih PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. naik lebih dari lima kali lipat menjadi US$7,65 juta
./.
./.

Bisnis.com, JAKARTA-- Pendapatan yang dibukukan oleh dua emiten pulp dan kertas Grup Sinarmas susut sepanjang tahun lalu. Kendati begitu, laba bersih PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. naik lebih dari lima kali lipat menjadi US$7,65 juta.

Berdasarkan laporan keuangan 2016, Pabrik Kertas Tjiwi Kimia mengantongi penjualan bersih senilai US$996,9 juta. Capaian tersebut turun 6,17% dibandingkan dengan penjualan bersih pada 2015 yang tercatat sebesar US$1,06 miliar.

Pada tahun lalu, emiten berkode saham TKIM itu mengantongi rugi selisih kurs US$7,17 juta. Namun, perseroan menerima manfaat pajak penghasilan (PPh) neto senilai US$6,77 juta. Akibatnya, laba neto meningkat drastis dari US$1,45 juta menjadi US$7,65 juta.

Sementara itu, PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk. mencetak penjualan bersih senilai US$2,72 miliar atau turun tipis 4,01% dari capaian tahun sebelumnya US$2,83 miliar.

Senada dengan TKIM, emiten berkode saham INKP ini juga mengalami rugi selisih kurs dan mendapat manfaat PPh bersih namun dengan nominal yang lebih besar. Rugi selisih kurs INKP pada 2016 mencapai US$19,87 juta, sedangkan manfaat pajaknya sebesar US$57,44 juta.

Besarnya manfaat pajak, tidak mampu mendongkrak raihan laba bersih INKP. Pada tahun buku 2016, laba bersih INKP susut 9,01% menjadi US$202,7 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper