Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IKNB Wajib Investasi SBN, Porsi Obligasi BUMN Maksimal 50%

Otoritas Jasa Keuangan memperlebar batas maksimal investasi lembaga jasa keuangan non-bank dalam surat berharga BUMN menjadi 50% dari kewajiban penempatan investasi dalam SBN.nn
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 30 November 2016  |  20:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan memperlebar batas maksimal investasi lembaga jasa keuangan nonbank dalam surat berharga BUMN menjadi 50% dari kewajiban penempatan investasi dalam SBN.

Ketentuan itu dituangkan dalam Peraturan OJK No. 36/2016 yang merupakan revisi POJK No.1/2016 tentang Investasi Surat Berharga Negara bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank.

Dalam beleid yang dipublikasikan Rabu (30/11/2016), OJK menegaskan instrumen obligasi atau sukuk yang diterbitkan badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), atau anak perusahaan BUMN dapat menjadi wadah penempatan investasi untuk memenuhi batas minimum penempatan investasi SBN.

Syaratnya, obligasi atau sukuk korporasi pelat merah itu harus diterbitkan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur.

Secara rinci, OJK membatasi porsi obligasi atau sukuk BUMN/BUMD dan anak BUMN itu maksimal 40% dari ketentuan batas minimum penempatan investasi SBN hingga akhir tahun ini.

Mulai tahun depan, batas maksimalnya ditingkatkan menjadi 50% dari ketentuan batas minimum penempatan investasi SBN.

Untuk dapat dikoleksi oleh lembaga keuangan nonbank, produk investasi tersebut wajib memiliki peringkat investasi dari perusahaan pemeringkat efek yang diakui oleh OJK.

Selain itu, obligasi atau sukuk korporasi juga harus tercatat di Bursa Efek Indonesia atau dalam sistem electronic trading platform (ETP) di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi KINERJA IKNB
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top