Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Kapasitas Produksi, Chandra Asri (TPIA) Gandeng Univation Technologies

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Univation Technologies, LLC untuk memakai UNIPOL PE Process untuk membangun pabrik polyethylene dengan kapasitas 400.000 ton.
ilustrasi/bisnis
ilustrasi/bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Univation Technologies, LLC untuk memakai UNIPOL™ PE Process untuk membangun pabrik polyethylene dengan kapasitas 400.000 ton.

Berdasarkan keterangan resmi yang dipublikasikan Kamis (15/9/2016), pembangunan pabrik berskala besar tersebut terletak di komplek Naphtha Cracker Perseroan yang terintegrasi di Cilegon, Banten. Kerjasama kedua belah pihak meliputi paket desain prose, termasuk lisensi, untuk memproduksi Linear Low Density Polyethylene, High Density Polyethylene dan Metallocene LLDPE.

Diharapkan pembangunan pabrik rampung pada pertengahan 2017 di mana saat ini perseroan tengah melakukan process design package.

Saat ini, perseroan mengoperasikan pabrik polyethylene dengan kapasitas sebesar 336.000 ton di mana salah satu train produksi berkapasitas 200.000 ton menggunakan teknologi UNIPOL™ berlisensi Univation Technologies untuk menghasilkan resin LLDPE dan HDPE.

Aplikasi produk dari LLDPE dan HDPE a.l blown film, karung beras, mainan, tutup botol, kantong belanja, perkakas rumah tangga, tali tambang, terpal, pipa kontak kontainer, dan sebagainya.

Penambahan kapasitas produksi itu dilakukan agar produk ethylene yang dihasilkan perseroan selama ini bisa terserap optimal.

Sebagai gambaran, polyethylene merupakan produk industri menengah dari hasil pengembangan produk industri hulu petrokimia yaitu ethylene. Saat ini TPIA memiliki kapasitas produksi ethylene hingga 860.000 ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper