Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA JEPANG 30 JUNI: Efek Brexit Mereda, Indeks Topix & Nikkei Bergerak Menguat Pagi Ini

Bursa saham Jepang bergerak menguat pada awal perdagangan karena terus berkurangnya kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa akan mempengaruhi bursa global.
Bursa Jepang/Reuters
Bursa Jepang/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang bergerak menguat pada awal perdagangan karena terus berkurangnya kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa akan mempengaruhi bursa global.

Indeks Topix terpantau menguat 0,58% ke 1.254,95 pada pukul 08.06 WIB setelah dibuka 1,18% lebih tinggi di 1.262,42.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average terpantau menguat 0,65% atau 100,90 poin ke 15.667,72 setelah dibuka dengan penguatan 1,19% atau 185,88 poin di 15.752,71.

"Kejutan dari hasil referendum (yang memutuskan) Inggris keluar dari Uni Eropa telah mereda di seluruh dunia," kata Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Asset Management Co. seperti yang dikutip Bloomberg, Kamis (30/6/2016).

Ia melanjutkan, ada harapan pada langkah-langkah kebijakan global bukan hanya di Jepang yang memberikan sentimen positif pada pasar saham.

Seperti yang dilansir Bloomberg, investor memprediksi Bank of Japan akan memberlakukan pelonggaran moneter jika diperlukan untuk membendung efek Brexit.

Eksportir bekontribusi paling besar pada kenaikan indeks Topix, dengan sektor alat elektronik dan otomotif naik  lebih dari 1,4%.

Sony Corp naik 3,9% menyusul laporan bahwa restrukturisasi pada bisnis televisi dan smartphone-nya sedang berjalan dan memasuki fase pertumbuhan berikutnya.

Sementara itu, Mitsubishi Heavy Industries Ltd melonjak 5,3% setelah Daiwa Securities Group Inc menaikkan rating emiten tersebut ke outperform, karena penguatan yen hanya akan memberikan dampak minimum pada laba operasional perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia (30/6/2016)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper