Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BURSA JEPANG 30 JUNI: Efek Brexit Mereda, Indeks Topix & Nikkei Bergerak Menguat Pagi Ini

Bursa saham Jepang bergerak menguat pada awal perdagangan karena terus berkurangnya kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa akan mempengaruhi bursa global.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 30 Juni 2016  |  08:40 WIB
Bursa Jepang - Reuters
Bursa Jepang - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang bergerak menguat pada awal perdagangan karena terus berkurangnya kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa akan mempengaruhi bursa global.

Indeks Topix terpantau menguat 0,58% ke 1.254,95 pada pukul 08.06 WIB setelah dibuka 1,18% lebih tinggi di 1.262,42.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average terpantau menguat 0,65% atau 100,90 poin ke 15.667,72 setelah dibuka dengan penguatan 1,19% atau 185,88 poin di 15.752,71.

"Kejutan dari hasil referendum (yang memutuskan) Inggris keluar dari Uni Eropa telah mereda di seluruh dunia," kata Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Asset Management Co. seperti yang dikutip Bloomberg, Kamis (30/6/2016).

Ia melanjutkan, ada harapan pada langkah-langkah kebijakan global bukan hanya di Jepang yang memberikan sentimen positif pada pasar saham.

Seperti yang dilansir Bloomberg, investor memprediksi Bank of Japan akan memberlakukan pelonggaran moneter jika diperlukan untuk membendung efek Brexit.

Eksportir bekontribusi paling besar pada kenaikan indeks Topix, dengan sektor alat elektronik dan otomotif naik  lebih dari 1,4%.

Sony Corp naik 3,9% menyusul laporan bahwa restrukturisasi pada bisnis televisi dan smartphone-nya sedang berjalan dan memasuki fase pertumbuhan berikutnya.

Sementara itu, Mitsubishi Heavy Industries Ltd melonjak 5,3% setelah Daiwa Securities Group Inc menaikkan rating emiten tersebut ke outperform, karena penguatan yen hanya akan memberikan dampak minimum pada laba operasional perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indeks nikkei 225 indeks topix

Sumber : Bisnis Indonesia (30/6/2016)

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top