Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MNC SECURITIES: Ekspetasi Kenaikan Fed Fund Rate Mereda, Harga SUN Berpeluang Naik

Harga surat utang negara (SUN) di pasar sekunder kembali berpeluang untuk mengalami kenaikan setelah data tenaga ekonomi Amerika memudarkan ekspektasi kenaikan suku bunga Amerika di bulan Juni.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— Harga surat utang negara (SUN) di pasar sekunder kembali berpeluang untuk mengalami kenaikan setelah data tenaga ekonomi Amerika memudarkan ekspektasi kenaikan suku bunga Amerika di bulan Juni.

Analis fixed income PT MNC Securities mengatakan data tenaga kerja di Mei 2016 yang disampaikan pada Jumat waktu setempat menunjukkan bahwa pertumbuahan angka pengangguran Amerika di Mei 2016 sebesar 4,7% turun dari 5,0% pada  April 2016 dan di bawah perkiraan analis yang sebesar 4,9%.

Data tersebut cukup baik. Hanya saja yang menjadi perhatian pelaku pasar adalah jumlah penambahan tenaga kerja di luar sektor pertanian (Nonfarm Payrolls) yang di bulan Mei 2016 hanya bertambah sebesar 38.000, di bawah estimasi analis yang sebesar 158.000 tenaga kerja serta penambahan jumlah tenaga kerja terendahnya dalam lima tahun terakhir. 

Kondisi tersebut juga diperparah dengan adanya revisi turun terhadap jumlah penambahan tenaga kerja di bulan April 2016 dari 160.000 tenaga kerja menjadi 123.000 tenaga kerja. Data sektor tenaga kerja tersebut memudarkan ekspektasi pelaku pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika pada pertemuan di Juni mendatang.
  
Adapun secara teknikal, harga SUN masih berada pada area konsolidasi dengan adanya sinyal perubahan tren pada beberapa seri SUN. Hal tersebut memberikan sinya bahwa harga SUN berpeluang untuk mengalami kenaikan namun dengan perubahan harga yang masih terbatas.

“Pelaku pasar masih akan mencermati beberapa data ekonomi baik domestik maupun data ekonomi global sebelum kembali melakukan pembelian SUN,” kata Made dalam risetnya, Senin (6/6/2016).

Sementara itu, imbal hasil dari US Treasry dengan tenor 10 tahun ditutup turun pada level 1,702% dari posisi 1,80% pada penutupan sebelumnya, begitu pula dengan US Treasury tenor 30 yang ditutup turun pada level 2,51%. Sedangkan imbal hasil dari surat utang Jerman (Bund) juga ditutup dengan penurunan yang cukup besar pada level 0,068% dari posisi sebelumnya di kisaran 0,12%. Hal tersebut kami perkirakan akan menjadi katalis positif bagi pasar SUN di pasar domestik maupun dengan denominasi mata uang asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper