RUPIAH ATAS DOLAR AS 2 JUNI: Ini Sentimen Penggerak Kurs

Terkoreksinya dollar index pada perdagangan tadi malam diprediksi bisa mendorong penguatan nilai tukar rupiah pada perdagangan Kamis (2/7/2016).
Riendy Astria
Riendy Astria - Bisnis.com 02 Juni 2016  |  08:15 WIB
RUPIAH ATAS DOLAR AS 2 JUNI: Ini Sentimen Penggerak Kurs
Rupiah

Bisnis.com, JAKARTA— Terkoreksinya dollar index pada perdagangan tadi malam diprediksi bisa mendorong penguatan nilai tukar rupiah pada perdagangan Kamis (2/7/2016).

Meski demikian, dampak negatif dari tidak diberikannya peringkat layak investasi oleh S&P bisa jadi penghambat.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan nilai tukar rupiah yang sempat melemah tajam di pembukaan Rabu akhirnya ditutup melemah tipis setelah pemerintah mengumumkan rilis inflasi Mei 2016 yang turun drastis.

“Dollar index yang terkoreksi semalam bisa mendorong penguatan rupiah hari ini walaupun dampak negatif tidak diberikannya peringkat layak investasi oleh S&P kemarin malam bisa meminta depresiasi rupiah dan aksi jual aset berdenominasi rupiah lainnya,” katanya dalam riset yang diterima hari ini, Kamis (2/6/2016).

Pada sisi lain, keputusan ECB atas kebijakan moneter terkait besaran pembelian obligasi di pasar sekunder sangat dinanti pasar. Selain itu, pertemuan OPEC di Viena juga dinantikan.

Pembatasan produksi yang disepakati bisa mendorong penguatan harga minyak mentah lebih lanjut. Dollar index terkoreksi hingga dini hari tadi walaupun mayoritas data ekonomi AS yang diumumkan membaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gonjang Ganjing Rupiah, Rupiah

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top