Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA 11MARET: Usai ECB Rate Dipangkas, Stoxx 600 Dibuka Melejit

Index Stoxx 600 menguat 0,69% usai pengumuman pemotongan suku bunga dan peningkatan pembelian aset oleh Bank Sentral Eropa (ECB) pada perdagangan Jumat (11/3/2016).
Suasana di lantai bursa Eropa.
Suasana di lantai bursa Eropa.

Bisnis.com, JAKARTA – Index Stoxx 600 menguat 0,69% usai pengumuman pemotongan suku bunga dan peningkatan pembelian aset oleh Bank Sentral Eropa (ECB) pada perdagangan Jumat (11/3/2016).

Stoxx Europe 600 dibuka naik 0,69% atau 2,30 poin di level 335,80 lalu bergerak terus menguat 1,93% atau 6,44 poin ke level 339,94 pukul 15.16 WIB.

Dari 600 saham yang diperdagangkan, sebanyak 585 saham menguat, 10 menurun dan 5 stagnan.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 menguat 1,1% dan Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,7%, membalikkan kerugian sebelumnya.

Analis Senior Matsui Securities Co di Tokyo Tomoichiro Kubota mengatakan pasar oversold mengingat fakta bahwa ECB mengumumkan stimulus tambahan.

"ECB telah menghentikan tarif negatif lebih meluas lagi yang dapat memotong pendapatan bank," ucapnya seperti dikutip dari Bloomberg.

Bloomberg mengukur harga komoditas naik ke level tertinggi dalam tiga bulan. Minyak mentah WTI diperdagangkan melonjak 2,22% ke US$38,68 per barel, sementara tembaga dan nikel naik lebih dari 1% di London. Selain itu, mata uang dari negara-negara pengekspor sumber daya juga terjadi penguatan yang signifikan saat indeks dollar di pasar spot mundur.

Sementara Bank Rakyat China merangsang penguatan yuan. Bank of Japan akan pusat perhatian saat pertemuan kebijakan ekonomi pada hari Selasa, serta Federal Reserve memutuskan suku bunga AS dua hari kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper