Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Afirmasi Rating Ciputra Residence

Lembaga pemeringkat Fitch Rating menguatkan peringkat 'A-(idn)' untuk surat utang domestik sebesar Rp500 miliar yang diterbitkan PT Ciputra Residence dengan prospek stabil.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 15 Februari 2016  |  14:00 WIB
Fitch Afirmasi Rating Ciputra Residence
Sebagaimana diketahui, fasilitas kredit perumahan pertama hanya dikenakan uang muka 20% sedangkan untuk fasilitas kedua dikenakan uang muka 10% lebih tinggi. - ciputraresidence
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga pemeringkat Fitch Rating menguatkan peringkat 'A-(idn)' untuk surat utang domestik sebesar Rp500 miliar yang diterbitkan PT Ciputra Residence dengan prospek stabil.

Fitch juga memprediksi pendapatan prapenjualan atau marketing sales perseroan tahun ini bisa mencapai Rp3,34 triliun setelah pada 2015 turun 25% akibat perlambatan pasar properti.

Analis Fitch, Robin Sutanto, mengatakan prapenjualan tahun ini diperkirakan mengalami perbaikan karena Ciputra Residence akan fokus menjual unit dengan harga di bawah Rp1 miliar.

"Strategi demikian adalah perubahan positif karena persaingan yang relatif lebih minim dan permintaan yang lebih stabil, " ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Bisnis.com, Senin (15/2/2016).

Robin menambahkan segmen menengah ke bawah juga diisi oleh profil pembeli rumah pertama yang akan mendapat pencairan kredit lebih mudah.

Sebagaimana diketahui, fasilitas kredit perumahan pertama hanya dikenakan uang muka 20% sedangkan untuk fasilitas kedua dikenakan uang muka 10% lebih tinggi.

Di samping itu, Fitch menilai penjualan properti Ciputra Residence tahun ini juga akan terdorong oleh penurunan bunga kredit sebagai dampak dari penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia pada Januari 2016.

Sementara itu, biaya produksi pengembangan properti diestimasi stabil karena risiko lonjakan biaya konstruksi rendah karena adanya kelebihan pasokan besi dan semen. Upah minimum pekerja diperkirakan akan lebih stabil. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings ciputra residence
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top