Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDEKS EMERGING MARKETS: Rebound, Catat Kenaikan Tertajam 6 Bulan

Indeks MSCI Emerging Markets menguat 3,2% ke level 710,66 pada Sabtu (32/1/2016), kenaikan paling tajam sejak Agustus 2015.

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks emerging markets mencatatkan kenaikan paling tajam dalam 6 bulan, rebound dari titik paling rendah sejak krisis 2009.

Indeks MSCI Emerging Markets menguat 3,2% ke level 710,66 pada Sabtu (32/1/2016), kenaikan paling tajam sejak Agustus 2015. Kenaikan tersebut menopang penguatan mingguan pertama indeks pada 2016, rebound setelah jatuh ke level terendah sejak Mei 2009 pada perdagangan Kamis.

Saham-saham di negara berkembang diperdagangkan di kisaran harga 10,4 kali dari proyeksi pendapatan 12 bulan atau 30% lebih murah dibandingkan dengan saham-saham di negara maju.

Kenaikan tajam harga minyak mentah mendorong saham-saham energi menguat signfikan. Minyak Brent ditutup naik 10,2% ke hara US$32,18 per barel pada Jumat.

PetroChina dan ChinaShenhua, perusahaan miyak dan batu bara terbesar di Negeri Tiongkok, naik lebih dari 7% di bursa Hong Kong. Indeks bursa di Timur Tengah juga ditutup menguat tajam pada Minggu (24/1/2016). Indeks bursa Dubai melonjak 5,2%, indeks Water naik 4,6%, sedangkan indeks Abu Dhabi menguat 2,7%.

“Pemicu (penguatan) adalah pernyataan dari ECB yang mengubah suasana dengan sangat dramatis di pasar internasional. Sentimen berbalik menjadi risk-on setelah berada di kondisi risk-off sepanjang 2016,” kata Alejo Czerwonko dari UBS Wealth Management di New York kepada Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper