Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR TEH: Dunia Buru Teh Organik Indonesia

Teh organik Indonesia catatkan transaksi sebesar US$500.000 selama tiga hari dalam World Tea Expo 2015 pada 6-8 Mei 2015 di California. Jumlah tersebut didapat dari trial order selama pameran tersebut berlangsung.
 Ilustrasi/boldsky.com
Ilustrasi/boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA– Teh organik Indonesia mencatatkan transaksi sebesar US$500.000 selama tiga hari dalam World Tea Expo 2015 pada 6-8 Mei 2015 di California. Jumlah tersebut didapat dari trial order selama pameran tersebut berlangsung.

Konsul Jenderal RI di Los Angeles Umar Hadi mengatakan teh Indonesia mendapatkan antusiasme dan respons yang positif dari para pembeli maupun pengunjung selama acara tersebut berlangsung, kendati ada beragam teh premium dan organik dari negara produsen lainnya.

“Teh organik Indonesia saat ini memiliki momentum yang sangat strategis untuk berkembang di pasar Amerika Serikat (AS). Teh organik merupakan masa depan produk Indonesia di AS dan potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia dan tidak boleh disia-siakan karena hal ini juga dapat memperkuat nation branding Indonesia,” kata Umar Hadi.

Menurutnya, saat ini dua jenis teh produksi Indonesia yaitu Sinensis dan Assamica menjadi varietas yang paling menyita perhatian. Kedua jenis teh tersebut merupakan varietas teh yang sangat terkenal di dunia. Ekspo tersebut berhasil memperkenalkan produk teh Indonesia kepada lebih banyak pelaku usaha dan tea bloggers di Amerika Serikat.

“Beberapa pelaku usaha dan tea bloggers di Amerika Serikat ada yang baru mengetahui bahwa Indonesia merupakan produsen teh dengan kualitas tinggi, khususnya teh organik setelah mengunjungi Paviliun Indonesia dalam ekspo tersebut,” kata Umar Hadi.

Adapun, semua produk teh Indonesia yang ditampilkan pada World Tea Expo 2015 di AS tersebut sudah memiliki sertifikasi organik menurut standar AS maupun Eropa.

Dalam acara tersebut, Kementerian Perdagangan melalui Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles menggandeng tiga perusahaan teh premium dan organik Indonesia a.l. PT. Harendong, PT. Bukit Sari, TehKu, dan GloPac Indonesia yang merupakan produsen paper product packaging. Ketiganya perusahaan tersebut sudah berhasil menembus pasar internasional.

Pemilik toko khusus teh Indonesia di Oregon Charity Palmers mengakui saat ini banyak pecinta teh yang mencari teh premium Indonesia. Indonesian white tea, menurutnya, menjadi salah satu varian yang sangat diminati.

 “Teh yang dihasilkan Indonesia sangat unik dan memberikan cita rasa yang sangat spesial, khususnya white tea,” kata Charity.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper