Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tambah Modal, Marein Reasuransi (MREI) Cari Investor Stategis

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) menargetkan dapat menggandeng investor strategis untuk menambah kapasitas modal pada tahun ini.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 04 Maret 2015  |  11:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) menargetkan dapat menggandeng investor strategis untuk menambah kapasitas modal pada tahun ini.

Robby Loho, Direktur Utama Marein menyatakan pemegang saham telah menyetujui peningkatan modal dasar perseroan dari Rp90 miliar menjadi Rp300 miliar. Dengan persetujuan ini maka tahap selanjutnya adalah persiapan perusahaan untuk meningkatkan modal disetor.

"Strategic investor sedang dipertimbangkan," jelas Robby disela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Marein di Jakarta, seperti yang dikutip Rabu, (4/3/2015).

Menurutnya terdapat lebih dari dua perusahaan yang menyatakan minatnya untuk menjadi mitra strategis perusahaan reasuransi dengan kode MREI di bursa saham ini. Para peminat diklaim berasal dari dalam dan luar negeri.

Marein, tengah mempertimbangkan setiap opsi peningkatan modal karena baik investor dari luar negeri maupun investor lokal memiliki kelebihan masing-masing.

Ia mencontohkan investor asing dapat menjadi beckup perusahaan dalam melakukan bisnis reasuransi, selain itu juga ada tambahan pengetahuan seiring transfer of knowledge yang terjadi. Sedangkan investor lokal akan membawa kekuatan modal bagi perusahaan.

"Yang kita inginkan [investor strategis] menawarkan keuntungan win-win," jelasnya.

Selain itu perusahaan masih memiliki sejumlah opsi untuk meningkatkan kapasitas. Namun Robby enggan merinci lebih jauh karena sebagai perusahaan yang tercatat dibursa pihaknya tidak ingin menimbulkan spekulasi.

Berdasarkan Direktori Perasuransian 2014 yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal tahun ini, pemegang saham Marein terdiri dari ABN Amro Bank (30,32%), Couts Bank Von Ernst LTD Singapore Branch (21,01%), AJB Bumiputera 1912 (19,69%), Felicity Gold Corporation (5,98%), UBS AG, Hongkong Branch (5,07%) dan Masyarakat (kurang dari 5%) (17,93%).

Kepala Departemen Komunikasi AJB Bumiputera 1912, Puspita Pratiwi, menyatakan pihaknya belum akan meningkatkan jumlah saham yang digenggam walau Marein melakukan peningkatan modal disetor.

"[Opsi penambahan modal] Lewat menjual saham ke umum," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

marein
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top