Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Japan Credit Rating Pertahankan Peringkat SUN Indonesia

Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) mempertahankan peringkat BBB- atau stable outlook pada surat utang negara Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) mempertahankan peringkat BBB- atau stable outlook pada surat utang negara Indonesia.

JCR menyampaikan beberapa faktor kunci yang mendukung afirmasi SUN, yakni pertumbuhan ekonomi yang kuat, pengelolaan fiskal dan sistem perbankan yang sehat, serta ketahanan perekonomian terhadap tekanan eksternal.

Di sisi lain, faktor-faktor yang dinilai menjadi risiko bagi rating Indonesia, a.l. ketergantungan pada komoditas sumber daya alam, defisit neraca berjalan dan aliran investasi yang fluktuatif, tingginya subsidi BBM, ketertinggalan infrastruktur, dan pasar keuangan yang belum berkembang.

Lebih lanjut, JCR menyatakan terdapat indikasi pemerintahan baru akan menerapkan kebijakan pengurangan subsidi BBM dan percepatan pembangunan infrastruktur. Kebijakan-kebijakan itu dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah-panjang.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyatakan afirmasi peringkat oleh JCR merupakan pengakuan atas komitmen Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah ketidakpatian ekonomi global.

"Otoritas menyadari sepenuhnya hal yang menjadi concern dan akan terus menindaklanjuti dengan respon kebijakan yang sejauh ini telah memberikan hasil positif," katanya dalam siaran pers, Rabu (23/10/2014).

Dari sisi BI, kebijakan reformasi struktural dilakukan dalam bentuk upaya berkelanjutan dalam pendalaman pasar keuangan. Bank sentral bersama pemerintah akan terus melanjutkan komitmen dalam menjaga kestabilan ekonomi Indonesia.

JCR sebelumnya telah melakukan afirmasi atas sovereign credit rating Indonesia pada BBB- atau stable outlook pada 13 November 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper